SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bolehkah Membuang Kucing?


Akhwat (Kalimantan tengah)
3 years ago on Fiqih

Assalamualaikum saya punya 5 anak Kucing yg sudah berhenti menyusui sama induk nya rencana mau saya buang soalnya saya gk sanggup beli makannya apakah boleh,, saya rencana akan buang di warung makan
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام وورحمة الله وبركاته

Apabila anda tidak bisa mengasuhnya dan anda meletakkannya di tempat yang masih memungkinkan dia mencari makan maka tidak apa-apa insyaAllah. Ulama' yang duduk di Komte Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya," ada Seekor kucing betina yang selalu melahirkan anak-anaknya di dalam rumah. Anak-anak kucing tersebut membuat kami resah. Kami membiarkan sang induk bersama anak-anaknya hingga mereka tumbuh besar dan bisa mencari makan sendiri. Ketika sudah besar, anak-anak kucing itu membawa sisa daging dari tong sampah dan mengotori rumah. Saat itu saya langsung mengangkat anak-anak kucing tersebut dan menaruhnya di ujung terjauh sebuah restoran. Yang penting saya menjauhkannya dari rumah. Apakah perbuatan itu salah atau saya berdosa?

Mereka menjawab: Anda boleh membuang anak-anak kucing tersebut agar terhindar dari gangguannya dan, Insya Allah, Anda tidak berdosa.


Wabillahittaufiq, wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.


Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
  
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota

Abdurrazzaq Afifi selaku Wakil Ketua

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua

Fatawa al-Lajnah ad-Daimah  26/182-183. Pertanyaan ketiga dari fatwa Nomor:9687

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com