SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Takziah Non Muslim


Akhwat (Sumatera Utara)
2 years ago on Aqidah

Assalamualaikum ustadz, saya mau tanya.. apa hukumnya jika kita sebagai ummat islam, bertakziah ke rumah orang non muslim?
Redaksi salamdakwah.com
2 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Takziah ke keluarga non muslim yang ditinggal mati itu tidak masalah bila ada maslahat namun tidak boleh mendoakan si mayit dengan ampunan. Tidak boleh mengiringi jenazah orang kafir, Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan fatwa Arab Saudi pernah ditanya,"  Saya tinggal di daerah pedesaan yang penduduknya terdiri dari Muslim dan Nasrani. Jika ada salah seorang Muslim meninggal orang -orang Nasrani berdatangan, mengiringi jenazah dan ikut hadir ketika menguburkannya. Mereka juga bertakziyah kepada keluarga yang ditinggalkan. Kepala desa pernah mengatakan, "Kenapa kita tidak melakukan seperti yang dilakukan orang -orang Nasrani?", yakni "Jika ada orang Nasrani meninggal, kita mengiringi jenazahnya dan bertakziyah kepada keluarga yang ditinggalkan". Apa hukumnya hal seperti ini? Mohon fatwanya, semoga Allah memberi Anda pahala.

Mereka menjawab : Seorang Muslim tidak boleh mengiringi jenazah orang dan ikut menguburkannya, karena Allah Subhanahu wata'la melarang kita bersikap pro kepada mereka. Bertakziyah kepada keluarga kafir tidak berdosa, tetapi tidak memintakan ampunan untuk anggota keluarganya yang meninggal dunia.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam


Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Shalih al-Fawzan selaku Anggota    

Abdullah bin Ghadyan  selaku Anggota  

Abdul Aziz Alu asy-Syaikh selaku  Wakil Ketua    

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 7/411. Fatwa nomor19584

 

Dalam kesempatan lain mereka juga ditanya," Apakah boleh atau tidak seorang Muslim takziyah jenazah orang kafir jika ia merupakan ayah atau ibunya, atau kerabatnya, karena khawatir jika tidak datang maka mereka akan menyakitinya, atau menjadi penyebab mereka menjauh dari Islam?

Mereka menjawab: Jika tujuan dia takziyah adalah untuk membuat keluarga orang yang meninggal senang kepada Islam, maka itu diperbolehkan. Sikap ini termasuk dalam tujuan-tujuan syariat Islam. Juga diperbolehkan jika hal itu demi mencegah gangguan mereka kepadanya atau kepada kaum Muslimin, karena bahaya yang bersifat parsial dapat dimaafkan demi menggapai kemaslahatan umum.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.


Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Abdullah bin Qu'ud selaku Anggota  

Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota   

Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua Komite    

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-lajnah ad-daimah  9/132 Pertanyaan Kelima dari Fatwa Nomor.1988

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com