SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Rumah Bertralis Salib


Ikhwan (Yogyakarta)
3 years ago on Aqidah

Assalamu'alaikum.. Ustadz, saya mau tanya.. Apa hukumnya menyewa rumah yang tralis jendelanya berbentuk salib..? Dan apa yang harus dilakukan ketika sudah terlanjur menyewa rumah tersebut..?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام  ورحمة الله وبركاته

 

Pertama anda harus yakin dulu bahwa itu memang salib yang diagungkan oleh orang-orang nasrani.

Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimain menerangkan," Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Pertama, kita harus mengetahui bahwa ini adalah salib.  Karena sebagian orang menyangka ini adalah salib padahal bukan (salib). Kedua, kita tahu ia digunakan karena ia salib. Bukan karena hiasan di pakaian sebagai contoh. Karena orang Kristen mengagungkan salib. Tidak mungkin mereka menjadikan sebagai hiasan di baju. Akan tetapi mereka menaruhnya di tempat yang terhormat. Maka harus ada dua hal ini, kalau telah kita tegaskan bahwa ia adalah salib, maka harus disobeknya atau minimal sesuai sunah disobeknya. Dan kita harus boikot baju ini –yang ada gambar salib- kalau kita boikot, maka para pedagang tidak dapat mengambil manfaatnya. Boikot juga sesuatu yang ada bintang segi enam dikatakan sebagai symbol kaum Yahudi. Maka hukumnya sama seperti hukum salib. Meskipun orang Yahudi tidak mempergunakannya untuk beribadah akan tetapi menjadi ciri khusus bagi mereka. Kita pernah menanyakan tentang salib kepada orang Kristen yang telah masuk Islam, mereka mengatakan, “Salib bagi kami adalah salib yang dikenal,  ada dua garis, salah satu membentang dan satunya memanjang. Dimana sisi memanjang lebih panjang dari pada yang membentang. Sampai ketika kita menanyakan kepada mereka tentang jam salib dimana mereka menamakan –jam salib- mereka mengatakan, “Ini tidak dimaksudkan sebagai salib. Ini sekedar tanda suatu perusahan saja. Karena salib menurut orang Kristen mereka mengatakan, “Bahwa garis memanjang lebih tinggi kemudian garis membentang. Dimana salah satu sisi dalam garis memanjang lebih panjang dari yang lainnya. Dan ini realita yang ada. Seseorang yang disalib ditaruh kayu membentang karena diikut kedua tangannya. Apakah mungkin kayu yang dibuat untuk kedua tangan dibuat separuhnya? Tidak bahkan ia berada lebih tinggi. Oleh karena itu kita meragukan yang disebarkan ini sebelum dua tahun lalu dengan berbagai macam bentuk. Mereka mengatakan, “Ini namanya salib. Kemudian tanda ( + ) apakah termasuk salib? Ia bukan salib. Begitu juga dahulu timba yang ditaruh air dari sumur, di atasnya seperti dua kayu dinamakan ‘Arqot’ dimana salah satunya membentang dan satunya memanjang. Seperti ini tidak termasuk salib. Sesuatu itu dikataikan salib, adalah sesuatu yang diletakkan sebagai  salib.”

Al-Lajnah ad-Daimah menerangkan," Pertama, bentuk salib yang biasa dikenal sebagai lambang orang-orang Kristen saat ini adalah dua garis (batang), satu panjang dan satu lebih pendek. Garis yang lebih pendek ditumpuk di atas dalam posisi menyilang di tengah--tepatnya di posisi sepertiga bagian--garis yang panjang, sehingga membentuk sudut-sudut lurus. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 2/121 Fatwa Nomor:(6392)

Apabila sudah yakin itu memang salib dan memang dibikin demikian maka layaknya tidak menyewa rumah itu. Apabila sudah terlanjur menyewa dan tidak mungkin untuk dicancel maka bisa teralisnya bisa dimodifikasi sehingga tidak menyerupai salib secara sempurna. Ulama' yang duduk di Komite tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Aab Saudi pernah ditanya,"Apa pendapat Anda mengenai jam tangan atau salib, boleh atau tidak salat dengan memakainya?


Mereka menjawaban : Tidak boleh memakai jam tangan atau salib, baik di dalam salat maupun di luar salat hingga salib tersebut dihilangkan atau ditutupi. Akan tetapi seandainya ia salat dengan memakainya, maka salatnya tetap sah. Namun, ia harus segera membuang salib tersebut karena itu termasuk syiar orang-orang Nasrani, dan orang Muslim tidak boleh menyerupai mereka. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 6/185 Pertanyaan Kesembilan dari Fatwa Nomor2615

   

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com