SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Masalah Gaji


Ikhwan (pontianak)
3 years ago on Fiqih

Pak Ustad yang terhormat .. Saya mau tanya Saya lulus PNS, tapi waktu tes PNS, saya mencontek, tapi tidak semuanya, ada jawaban yang saya isi sendiri. status gaji saya bagaimana pak ustad, apakah gaji saya haram ?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

Anda harus bertaubat dari perbuatan mencontek saat ujian itu. Terkait gaji, apabila anda melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah atau di atasnya maka gaji yang ia terima halal, sebaliknya bila hasil kerjanya tidak sesuai dengan apa yang telah ditetapkan karena memang dia tidak berkompeten maka gaji tidak boleh diterima dengan sempurna mengingat hasil kerja dia memang di bawah standar. Ada pertanyaan yang  ditanyakan kepada syaikh Ibnu Baz:
Seorang laki-laki bekerja dengan menggunakan ijasah ilmiah (Memasuki lowongan pekerjaan itu dengan ijasah.pent), ia telah melakukan kecurangan di ujian-ujian untuk memperoleh ijasah itu. Dia sekarang bekerja dengan baik dengan pengakuan para bawahannya maka apa hukum gajinya apakah itu halal atau haram?

Beliau menjawab:
Tidak apa-apa insya Allah, akan tetapi ia wajib bertaubat kepada Allah ta'ala dari kecurangan yang terjadi. Apabila ia melaksanakan tugasnya sebagaimana mestinya maka apa yang peroleh tidak bermasalah, akan tetapi ia telah melakukan kesalahan pada kecurangannya yang telah lalu, dan ia wajib untuk bertaubat kepada Allah ta'ala dari hal itu. Majmu' Fatawa Ibnu Baz 19/31-32

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com