SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Harus Diapakan Nasi Kotak ini?


Ikhwan (Kalimantan Selatan)
3 years ago on Fiqih

Assalamualaikuam Ustadz. Pagi ini baru ada rapat koperasi di instansi ana. Di hadapan ana sekarang ada nasi kotak yang bersumber dari Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam (riba). Apa yang harus ana lakukan terhadap nasi kotak ini? Boleh dimakan atau tidak? Kalau tidak, harus dikemanakan ini nasinya? Kalau kasih ke anak sendiri atau teman apa tidak tergolong memberi rezeki/hadiah dari sumber yang haram? Kalau dibuang apa tidak mubazir? Semoga saat lapar nanti ana tidak khilaf. Ana tunggu jawabannya. Jazakallahu khairan ya Ustadz.
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Silahkan diberikan kepada orang miskin. Berikut ini keterangan dari Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi:
Hasil Riba termasuk harta haram. Allah ta'ala berfirman:


وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا


Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Al-Baqarah:275

Dan orang yang mendapatkan uang riba wajib untuk berlepas diri darinya dengan cara menginfaqkannya dalam hal-hal yang bermanfaat untuk kaum Muslimin, diantara hal itu adalah membangun jalan, sekolahan-sekolahan  dan memberikannya kepada orang-orang miskin, adapun Masjid  maka itu tidak boleh dibangun dari harta Riba. Seseorang diharamkan untuk berani maju mengambil kelebihan riba dan terus-menerus untuk mengambilnya. Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah juz 13 Hal. 354 

Apabila anda ikut hadir di rapat untuk melakukan amar makruf dan nahi mungkar terkait kegiatan koperasi yang menyelisihi syariat maka ini merupakan kebaikan. Namun bila anda tidak mampu untuk melakukan hal itu maka janganlah mengikuti rapat yang hanya akan memperkuat koperasi yang usaha utamanya simpan pinjam ribawi.

Wallahu a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com