SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pakaian Bekas Untuk Saudara


Akhwat (Jakarta)
11 months ago on Aqidah

Assalamu'alaikum pak Ustadz, alhamdulillah sekarang saya sudah mantap mengenakan pakaian yg inysaallah sesuai ajaran Islam. Saya punya pakaian bekas yg masih sangat layak pakai seperti baju lengan pendek, jilbab (bukan hijab syar'i), celana jeans dsb. Apakah sebaiknya saya berikan utk adik perempuan saya (sudah baligh) atau ibu pemulung yg sering lewat depan rumah saya (dia juga biasanya berjilbab) ? Saya takut memmberikannya kpd adik/org lain justru menjadi dosa karena pakaian itu bukan pakaian muslimah syariat Islam ? Kalaupun dibuang, terlalu banyak dan kualitasnya masih sangat bagus tadz, jd saya harus bagaimana ? Terimakasih banyak.
Redaksi salamdakwah.com
11 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Semoga Allah ta'ala berkenan memberikan keistiqomahan kepada penanya. Kami turut bergembira dengan semangat beragama yang meningkat pada diri penanya hingga itu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terkait pakaian yang tidak memenuhi syarat sebagai pakaian syar'i untuk wanita maka dilihat apabila pakaian itu bila diberikan kemungkinan besar akan dipakai keluar rumah dan diperlihatkan kepada non mahram yang tidak berhak untuk melihat itu maka tidak boleh diberikan mengingat bila itu tetap diberikan maka itu bisa termasuk tolong menolong dalam perbuatan dosa sedangkan tolong menolong dalam dosa dan melampaui batas adalah terlarang dalam Islam. Allah ta'ala berfirman dalam surat al-Maidah ayat 2:


وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah kalian tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kalian kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.

Busana jenis itu bisa dipakai untuk keperluan lain seperti untuk kain pembersih dan lain-lain. Bila ada waktu luang busana-busana itu bisa dimodifikasi ulang untuk lebih dari sekedar kain pembersih seperti untuk kreasi seni dan yang semisalnya.

Silahkan mengunjungi pembahasan kami sebelumnya di link ini

Wallahu ta'ala a'lam 

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com