SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Semakin Banyak Belajar Semakin Banyak Beban Dalam Agama?


Ikhwan (Kalimantan Selatan)
8 months ago on Fiqih

Assalamualaikum Ustadz, baru-baru ini, SalamDakwah ada memposting sebuah Kaidah Ushul yang sangat bagus sekali. Kaidah tsb berbunyi: "Tidak Tahu Dimaafkan, Kecuali Akibat Tidak Mau Menuntut Ilmu", (Tanpa menyebut teks aslinya) yang dinukil dari Kitab Syarah Mandzumah Ushul Fiqih Syaikh Utsaimin. Namun ustadz, karena keterbatasan ana, ana belum bisa menemukan kaidah tersebut dalam kitab yang dimaksud yang ana download format PDF, dengan maksud untuk mencari lafaz asli bahasa arabnya. Ana minta tolong ustadz untuk menyebutkan lafaz aslinya beserta sumber rujukan lengkapnya, karena kaidah tsb sangat ana butuhkan, berhubung salah satu kawan dekat ana sama sekali tidak mau menuntut ilmu dengan dalih takut tidak bisa mengamalkan. Sehingga kaidah tsb akan ana jadikan bahan nasehat untuknya. Jazakallah khairan ustadz.
Redaksi salamdakwah.com
8 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Kami belum mendapati kaidah yang teks arabnya bila diterjemahkan sama persis dengan artikel yang anda maksud namun kami dapatkan mandhumah (yang  disusun oleh syaikh Utsaimin)  yang maknanya mendekati kaidah yang anda maksud yaitu:

  والشرعُ لا يلزمُ قبل العلمِ *** دليلهُ فعل المسيء فافتهم 
 
 لكن إذا فرّط في التعليمِ *** فذا محلّ نظرٍ فلتعلمِ 

 
Mandzumah Ushul al-Fiqh wa Qawaiduhu 70-73. Dar Ibnu al-Jauzi Riyadh
 
Namun perlu difahami bahwa masalah udzur karena kebodohan  yang jelas berbeda-beda menyikapinya tergantung pelaku, keadaan dan masalah yang dihadapi
 


 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com