SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Celana Panjang Untuk Di Rumah


Akhwat (Jakarta)
5 years ago on Fiqih

Assalamu'alaikum. Apakah muslimah boleh pakai celana (longgar/lebar) apabila di dalam rumah saja ? Dengan alasan supaya lebih mudah mengerjakan pekerjaan rumah (terutama saat di dapur)
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila di rumah hanya ada suaminya maka tidak ada masalah. Syaikh Ibnu Jibrin pernah ditanya," Apa hukum gadis-gadis yang memakai celana panjang di tempat yang berisi laki-laki yang bukan suami mereka?

Beliau menjawab," Seorang wanita tidak boleh memakai busanan semacam ini di tempat yang berisi laki-laki yang bukan suaminya sebab celana itu memperjelas lekak-lekuk tubuhnya sedangkan wanita diperintahkan untuk memakai busana yang menutupi seluruh badannya sebab badan wanita menjadi fitnah. Segala sesuatu yang memperjelas badannya maka dilarang untuk menampakkannya kepada laki-laki, perempuan, mahram dan selain mereka, kecuali suami yang memang boleh melihat seluruh badan istrinya. Oleh karena itu boleh baginya menggunakan busana yang tipis, sempit dan semacamnya dihadapan suaminya. Wallahu a'lam." http://cms.ibn-jebreen.com/fatwa/home/book/70

 

Apabila ada putranya yang masih kecil di rumah juga tidak apa memakai celana. Syaikh Abdul Aziz bin Baz pernah ditanya," Seorang wanita bertanya tentang wanita memakai celana di hadapan suaminya dan putra-putranya yang masih kecil?

Beliau menjawab," Tidak apa-apa, namun apabila memakai celana yang menampakkan lekak-lekuk anggota badan, sempit atau menampakkan sebagian aurat (seperti dada atau kaki) di hadapan laki-laki yang bukan mahram maka itu tidak boleh.

Adapun memakai itu di hadapan putra-putranya yang masih kecil atau dihadapan suaminya maka itu dibolehkan dan putra-putranya yang kecil tidaklah dikhawatikan, mereka juga bukan termasuk orang yang perlu berhijab darinya kecuali bila mereka sudah baligh, kala itu mereka seharusnya tidak boleh melihat apa yang berada diantara paha dan lutut." https://www.binbaz.org.sa/noor/9617
 

Wallahu ta'ala a'lam

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com