SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tradisi Keluarga


Akhwat (Jakarta)
5 years ago on Keluarga

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Singkat cerita keluarga saya dan suami 1 suku, dan ada tradisi di setiap hr raya idul fitri dn idul adha yg mereka anggap tanda syukur dan mendoakan kerabat dekat yg sudah meninggal . orangtua kami menyiapkan beberapa jenis masakan dan lauk pauk, kmudian disusun di baki/talang smpai mnjadi bberapa bagian (untuk rumah,untuk kakak/adik/org tua yg meninggal,dn untuk bagian lainnya saya kurang ngerti). Setelah itu diberi baca2an doa dilengkapi dengan dupa. Tapi saya dan suami pikir itu trlalu brlebihan sbagai acara syukuran, dn saya pribadi rasanya ragu mau melanjutkan tradisi trsebut. apakah hal itu memang ada dalam islam ? dan bagaimana cara melakukan syukuran sesuai syariat islam ? Mohon responnya,Terimakasih banyak.
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Tasyakkuran merupakan salah satu kegiatan bentuk syukur, namun itu bukanlah satu-satunya cara untuk bersyukur. Syaikh Sa'di menulis: Dan Allah ta’ala menghabarkan bahwa manfaat dari rasa syukur akan kembali kepada orang yang bersyukur tersebut(Allah tidak mengambil manfaat dari itu.red).dan sesungguhnya orang yang kufur(nikmat.red) maka akibat buruknya akan kembali ke dia dan Allah ta’ala maha kaya dari rasa syukurnya

Bentuk syukur seorang hamba terlaksana dengan 3 hal

  1. Mengakui dalam hati atas nikmat-nikmat Allah
  2. Membicarakannya dengan orang lain, dengan catatan bukan untuk sombong atau pamer
  3. Menggunakan nikmat Allah yang diterima di jalan Allah untuk mecari ridho-Nya

Diantara kegiatan yang bisa dilakukan dalam rangka bersyukur atas nikmat Allah adalah bersedekah atau membuat makanan dan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Apa yang keluarga anda lakukan telah melampaui batas

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com