SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Suami Melarang Istri


Ikhwan (jakarta)
3 years ago on Keluarga

Assalamualaikum ustad.. Saya (suami) melarang istri saya untuk bertemu dengan teman-teman masa kecil nya dan sebagian teman kecil nya itu lelaki yang dari bicara dan tingkah laku dengan bahasa-bahasa yang tidak manfaat (mencela satu sama lain).. Apakah saya salah untuk melarang nya?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila teman-temannya berakhlaq buruk seperti itu maka apa yang anda lakukan sudah tepat karena dengan begitu anda menghindarkan istri anda dari keterlibatan atau pengaruh buruk kawan yang jahat. Dalam salah satu riwayat disebutkan,"


سَمِعْتُ أَبَا بُرْدَةَ بْنَ أَبِي مُوسَى، عَنْ أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:مَثَلُ الجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالجَلِيسِ السَّوْءِ، كَمَثَلِ صَاحِبِ المِسْكِ وَكِيرِ الحَدَّادِ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ المِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ، وَكِيرُ الحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ، أَوْ ثَوْبَكَ، أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَة


Aku mendengar Abu Burdah bin Abu Musa dari bapaknya radliallahu 'anhu berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Perumpamaan orang yang bergaul dengan orang shalih dan orang yang bergaul dengan orang buruk seperti penjual minyak wangi dan tukang tempa besi, Pasti kau dapatkan dari pedagang minyak wangi apakah kamu membeli minyak wanginya atau sekedar mendapatkan bau wewangiannya, sedangkan dari tukang tempa besi akan membakar badanmu atau kainmu atau kamu akan mendapatkan bau yang tidak sedap. HR. Bukhari no. 2101 dan Muslim no. 2628, lafadz di atas adalah lafadz Bukhari.

Di sisi lain pertemuan istri anda dengan kawan-kawannya yang lawan jenis bila tidak dibatasi dengan batasan syar'i maka dikhawatirkan akan menjatuhkan istri dan kawannya ke dalam pembicaraan terlarang antar lawan jenis atau pandangan terlarang antar lawan jenis. Dengan begitu anda telah melaksanakan kewajiban anda dalam masalah melindungi keluarga dari api neraka. Allah ta'ala berfirman dalam surat at-Tahrim ayat 6:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ


Hai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan oleh-Nya kepada mereka dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

 

Wallahu ta'ala a'lam
 

  

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com