SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apa Maksud "ila hadhrotin nabi.." dan Apa Hukumnya?


Ikhwan (Kalimantan Selatan)
3 years ago on Aqidah

Assalamualaikum Ustadz kita seringkali mendengar pada acara tasyakuran, pembaca do'a sebelum memulai, mengatakan "ilaa hadhratin nabi ... dan seterusnya". Apa maksudnya? dan Bagaimana hukumnya?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Ungkapan "ilaa hadhratin nabi ... " artinya Ditujukan untuk yang mulia Nabi shallallahu alaihi wa sallam .... Biasanya setelah dimulai dengan itu di akhir disebutkan ,"al-Fatihah" maksudnya adalah mereka ingin mensedakahkan pahala bacaan al-Fatihah kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Amalan yang demikian belum ada contohnya dari para sahabat radhiyallahu anhum. Ada pertanyaan mirip yang ditujukan kepada syaikh Sholeh al-Fauzan," Kami berada di desa. Seluruh penduduk di desa bila ingin mengerjakan sesuatu mereka mengatakan: surat al-Fatihah untuk Nabi.
Apakah ini ada dasarnya dalam syariat? Apakah ini salah? Berilah kami faedah ilmu. Jazakumullah khoir

Beliau menjawab," Surat al-Fatihah termasuk surat al-Qur'an yang paling agung, bahkan itu adalah Ummul Qur'an. Surat itu memiliki fadhilah agung. namun membacanya dalam keadaan seperti itu, yakni dibaca pada sebagian keadaan tertentu ditujukan untuk Nabi atau untuk orang lain, atau roh Fulan atau roh orang yang telah meninggal ini adalah termasuk perkara baru dalam agama, mengingat belum ada dalil dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang mendasarinya.
Memabaca surat al-Fatihah merupakan suatu ibadah sedangkan ibadah harus didasari dalil. Orang yang mengatakan disyariatkan membaca al-Fatihah ditujukan untuk Nabi atau orang yang telah meninggal lainnya perlu dalil. Apabila dia membawakan dalil (maka diterima) namun apabila tidak membawa dalil maka pendapat itu tertolak sebab itu termasuk bid'ah.
Belum ada dalil syar'i dalam masalah pembacaan al-Fatihah yang ditujukan untuk ruh Nabi shallallahu alaihi wa sallam atau untuk ruh lainny. Ini adalah termasuk bid'ah. Majmu' Fatawaq Fadhilah syaikh Sholeh bin fauzan 2/688

Wallahu ta'ala  a'lam

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com