SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wanita berhijab memasang foto profil tanpa hijab


Ikhwan (Depok)
5 years ago on Fiqih

Assalamu'alaikum Wr. Wb.  saya ingin bertanya ustadz, bagaimana hukumnya bagi wanita yang baru berhijab, kemudian menggunakan photo profil tanpa hijab ? namun foto yang digunakan adalah foto dimasa dimasa dia masih belum berhijab (diumur yang sama). Dan bagaimana cara menasihatinya ? mengingat dia adalah wanita yang baru mengenal islam dan belum mau banyak belajar tentang islam.  Mohon jawabannya ustadz, terimakasih Wassalamu'alaikum Wr. Wb  
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Seseorang yang telah berhijab maupun yang belum berhijab dilarang untuk sengaja memamerkan auratnya baik itu secara online maupun offline. Di antara dalilnya adalah firman Allah ta'ala di surat an-Nur ayat 31, Allah ta’ala memerintahkan mukminah yang mukallafah (yang telah dibebani kewajiban syar’i):


.....وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ ...

…Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka…

Di sisi lain seorang yang beriman dituntut untuk melaksanakan syariat Islam secara utuh dan tidak memilah-milah syariat Allah ta'ala. Apabila Allah ta'ala memerintahkan untuk berhijab maka tidak layak bila seorang muslimah sengaja membeda-bedakan pelaksanaan syariat ini. Allah ta'ala berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 208,"


ٌيَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِيْن


"Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam agama islam secara kaaffah (keseluruhan), dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah syaithan, sesungguhnya syaithan adalah musuh yang nyata bagi kalian."

Adapun cara menasehati dan mendakwahinya maka bisa dipilih metode yang paling sesuai dengan keadaannya. Allah ta'ala telah menerangkan metode berdakwah di jalan-Nya. Allah ta'ala berfirman dalam surat An-Nahl ayat 125:


ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ


Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan mauidhoh hasanah dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabbmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Hikmah diantara tafsirnya adalah berkomunikasi dengan obyek dakwah sesuai dengan keadaan, pemahaman, ucapan dan ketundukannya.

Mau'idhoh hasanah: Memerintahkan sambil menyemangati, dan melarang sambil menakut-nakuti. Diantara caranya dengan menjelaskan maslahat yang terdapat dalam perintah, dan menjelaskan mudhorot yang menyertai larangan. lih. Taisir Al-Karim Ar-Rahman oleh syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di hal.452

Diantara metode yang sesuai dengan keadaannya adalah mengajak berfikir secara logis dan membawakan fakta terkait maslahat dari berhijab serta mudhorot yang bisa dihindari ketika seorang wanita berhijab namun perlu ditekankan bahwa hal pertama yang mendorong dia untuk berhijab adalah ketundukan kepada syariat Allah azza wa jalla. Silahkan membuka jawaban sebelumnya terkait metode berdakwah di link ini dan ini.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

 

 

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com