SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Solat Qodo


Ikhwan (Tasikmalaya)
3 years ago on Fiqih

Assalamu 'alaikum pak ustads izin bertanya ! Apakah qodo solat itu mesti ditentukan? Misalkan kalaau kita mengkodo solat ashar pada waktu magrib,  sebab lupa. Itu menurut pak ustadz bagaimana?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ya, harus ditentukan jenis shalat yang dilaksanakan. Adapun urutan pelaksanaannya maka pendapat yang kuat adalah shalat itu dilaksanakan berurutan. Mayoritas Ulama' berpendapat bahwa mengqadha' shalat dan melaksanakannya secara berurutan adalah wajib, dan ini adalah pendapat yang kuat, dengan demikian kita wajib melaksanakan shalat Isya' terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat Shubuh. Syaikh Utsaimin pernah menerangkan:
Apabila seseorang lupa melaksanakan shalat atau tertidur darinya sehingga tidak melaksanakan shalat itu, sedangkan tidak ada yang membangunkan atau mengingatkannya hingga waktu shalat itu habis, maka ia melakukan sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam: “Ia melaksanakan shalat tersebut kala ingat dan tidak ada penebus selain itu”. Dan pada keadaan yang terjadi pada penanya layaknya dia memulai dengan melaksanakan shalat Ashar kemudian melaksanakan shalat Maghrib sehingga urutan sebagaimana yang Allah ta'ala wajibkan, sebab ketika Nabi shallallahu alaihi wa sallam kehabisan waktu shalat pada suatu hari di peperangan Khandaq Beliau mengqadha'nya secara berurutan.
Dan telah ada riwayat dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam: “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat”.... Fatawa Islamiah 1/310

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

 

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com