SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berwudhu Setelah Makan Daging Unta


Akhwat
4 years ago on Fiqih

Assalamu’alaikum Ustadz, Mengapa harus berwudhu karena memakan daging unta?
Redaksi salamdakwah.com
4 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Ada pertanyaan semisal yang dilontarkan kepada Ulama yang duduk di Komite  tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi," Apakah memakan daging unta membatalakan wudu dan apa sebabnya?"


Mereka menjawab," Segala puji hanya bagi Allah. Selawat dan salam semoga tercurahkan kepada Rasul-Nya, keluarga, dan sahabat beliau. Amma ba'du,


Orang yang memakan daging unta wajib berwudu lagi jika hendak shalat baik fardu maupun sunnah. berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika ditanya tentang wudu disebabkan karena makan daging unta, beliau menjawab, "Ya". Dan ketika ditanya tentang wudhu disebabkan karena makan daging kambing, beliau menjawab, "Jika kamu berkehendak". Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Sahihnya.

Al-`Allamah Ibnu al-Qayyim rahimahullah telah memberikan keterangan mengenai hikmah hal tersebut, "Unta dikenal sebagai binatang yang sangat pendendam, menyimpan tipu daya bagi siapapun yang menyakitinya dan berambisi untuk membalas yang menyakitinya meskipun sudah sangat lama masanya". Beliau juga mengatakan bahwa manusia akan mendapatkan pengaruh dari tabiat unta karena daging yang dia makan, maka berwudu disyariatkan karena memakan dagingnya untuk menghilangkan kemungkinan adanya pengaruh dendam dan kebencian. Yang wajib dalam masalah ini adalah tunduk dan patuh kepada semua hukum Allah meskipun hikmahnya tidak diketahui. Wallahu A`lam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam"

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Abdullah bin Mani` selaku Anggota
Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua
Ibrahim bin Muhammad Ali asy Syaikh selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 5/296-297 pertanyaan ketiga dari fatwa bo.557

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com