SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dinikahkan oleh guru ngaji tanpa wali


Ikhwan
8 years ago

Asslmkm wr.wb..Apakah boleh/sah dinikahkan oleh seseorang yg bukan wali-nya,sementara ayah kandung msh hidup dan hadir diacara akad nikah,namun tnpa ada penyerahan wali,wanita tersebut dinikahkan oleh guru ngaji dari mempelai pria.dan pihak pria smpai skrg msh berkeyakinan bhwa prnikahan tersebut sah,namun ayah kandung wanita tersebut msh belum ikhlas dan tidak bisa menerima tindakan tersebut.mohon pencerahannya.wass..
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته



Tidak sah pernikahan seorang wanita tanpa mendapatkan izin walinya:
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ. أخرجه أبو داود رقم 2085.صححه الألباني


Tidak sah suatu pernikahan kecuali dengan keberadaan wali (pihak wanita.pent)

Pensyaratan wali tersebut bukan hanya diwajibkan pada pernikahan seorang gadis, tapi juga janda. Allah ta'ala berfirman:


فَلاَ تَعْضُلُوهُنَّ أَنْ يَنْكِحْنَ أَزْوَاجَهُنَّ.....البقرة:232


Maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin lagi dengan bakal suaminya.
Seandainya izin wali tidaklah diperlukan pada pernikahan wanita yang telah menikah sebelumnya, niscaya larangan ini tidak begitu berarti karena wanita tersebut bisa langsung menikah tanpa seizin walinya dan larangan menikah seorang wali tidak akan berpengaruh sama sekali untuk pernikahan tersebut. Lihat Asy-Syarh Al-Mumti' 'ala Zad Al-Mustaqni' oleh syaikh Utsaimin 12/69

Apabila wali tersebut kedudukannya masih dianggap sah secara syari'at maka otomatis pernikahan tersebut tidak sah dan harus diulangi, kalau seandainya diteruskan tanpa mengulangi akad nikah maka ini sama dengan berzina.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com