SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Usia Baligh bagi Perempuan


Ikhwan
3 years ago on Aqidah

Assalamualaikum usia berapakah perempuan mulai memasukki baligh ?
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Syaikh Utsaimin rahimahullahu ta'ala menerangkan,"

Balighnya seorang gadis terjadi karena empat hal:
- mencapai usia 15 tahun
- tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan
- keluarnya air mani
- haidh
Apabila terjadi salah satu dari empat hal di atas maka seorang gadis telah dianggap baligh dan mukallaf serta dibebani dengan ibadah-ibadah sebagaimana diwajibkan atas orang dewasa Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 19/91

Disebutkan sebelumnya bahwa usia standar baligh seorang anak perempuan adalah 15 tahun, namun bisa jadi di usia sebelum itu seorang anak perempuan dianggap baligh bila dia haidh di usia sebelum itu, Ada pertanyaan yang ditujukan kepada Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi: Seorang gadis mengalami haid pertama ketika usia sebelas tahun. Apakah dia wajib berpuasa jika dia dalam kondisi tidak sehat dan tidak mampu untuk melakukan puasa? Apa yang harus dia lakukan?

Mereka menjawab: Jika terjadi peristiwa seperti yang disebutkan, maka gadis tersebut wajib berpuasa. Sebab, haid merupakan tanda baligh (kedewasaan) bagi perempuan, yang terjadi pertama kali di usia sembilan tahun atau lebih. Jika sudah mampu berpuasa, maka dia wajib melaksanakannya tepat waktu. Namun, jika tidak kuat atau memperoleh kesulitan yang berat, maka dia boleh tidak berpuasa dan wajib meng-qadha hari-hari yang ditinggalkan ketika sudah mampu.

Fatwa ini ditandatangani oleh
Abdullah bin Qu'ud selaku Anggota

Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota

Abdurrazzaq `Afifi selaku Wakil Ketua Komite

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 10/145-146 Pertanyaan Ketiga Fatwa Nomor (3325 )

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com