SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berdoa setelah Tasyahud ?


Ikhwan (jambi)
2 months ago on Ibadah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ ustad ,ana mau tanya bagaimana hukum berdoa saat tasyahud akhir sebelum salam dengan menggunakan doa dari ayat ayat al quran / hadist2? apakah ada doa khusus?
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apabila seseorang ketika membaca doa dari al-Qur'an dengan niat untuk berdoa maka insyaallah itu tidak mengapa. Dalam kitab Daqaiq Uli an-Nuha yang digabung dengan kitab Muntaha al-Iradat yang ditulis oleh Manshur al-Buhuti disebutkan

 وإن دعا في تشهده الأخير بما ورد في الكتاب أي : القرآن نحو: ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار. فلا بأس.

Apabila seseorang berdoa di tasyahhud akhirnya dengan doa dari Al-Kitab yakni Al-Quran seperti

Ya Rabb kami berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat serta lindungilah kami dari adzab neraka

Maka itu tidak apa-apa.

 

Terkait berdoa setelah shalat dengan doa ma'tsur dari sunnah perlu diketahui bahkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah mengarahkan sahabat beliau untuk berdoa dengan doa yang beliau ajarkan, berikut ini sebagian riwayat dalam masalah ini:


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللهِ مِنْ أَرْبَعٍ يَقُولُ: اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ "


Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dia mengatakan Rasulullah Sholallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Ketika kalian selesai membaca tasyahhud (akhir), hendaklah ia memohon perlindungan kepada Allah dari 4 perkara” Beliau bersabda: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari adzab jahannam, dari azab kubur, dan dari fitnah selama hidup dan sesudah mati, serta dari keburukan fitnah Al Masih Ad Dajjal.” (HR. Muslim, no. 588;  HR. Nasa’i, no. 1310; HR. Hakim, no. 1955; dan yang lainnya)

Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam riwayat lain disebutkan, telah berdoa setelah tayahhud"


 ثُمَّ يَكُونُ مِنْ آخِرِ مَا يَقُولُ بَيْنَ التَّشَهُّدِ وَالتَّسْلِيمِ: «اللهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَسْرَفْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Kemudian termasuk hal akhir yang diucapkan oleh beliau diantara tasyahhud Akhir dan salam adalah doa (Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu dan yang kemudian, dosa-dosaku yang kusembunyikan dan yang kutampakkan, perbuatanku yang berlebihan dan perbuatan yang Engkau lebih mengetahui daripada diriku,Engkau Yang mendahulukan dan Yang meng-akhirkan, tiada Ilaah yang berhak disembah melainkan Engkau.) (HR.Muslim : 1290 dan yang lainnya)

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com