SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menyentuh Wanita Non Mahram Dengan Perantara


Ikhwan (Kabupaten Tegal)
4 years ago on Fiqih

Assalamualaikum Wr Wb... Ustadz maaf menganggu, maaf sebelumnya apabila menganggu. Saya seorang pelajar SMK yang di sekolah saya antara wanita dan lelaki di campur baur di satu kelas. Tentunya dengan keadaan seperti ini kesempatan menyentuh wanita sangat besar walau hal itu tak disengaja. Pertanyaan saya, apakah tak apa apabila seorang lelaki dan perempuan saling bersentuhan dengna perantara? Sebagai contoh yang sering saya alami adalah, ketika seorang wanita non-mahram berada disebelah saya dan sedang menyentuh sebuah meja, apakah bila saya menyentuh meja tersebut,  maka saya akan mendapat dosa karena menyentuh non-mahram? Terima kasih. Besar harapan saya agar pertanyaan ini dijawab, karena ini merupakan syubhat yang saya alami. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya akhiri, Wassalamualaikum Wr Wb.
Redaksi salamdakwah.com
4 years ago

 

 

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila satu bagian meja disentuh oleh seorang wanita kemudian bagian meja yang lain disentuh oleh laki-laki lain yang bukan mahramnya maka ini tidaklah termasuk dalam bersentuhan dengan non mahram yang terlarang, namun yang menjadi masalah berdasarkan apa yang anda ceritakan adalah adanya ikhtilat yang dikhawatirkan menjadi pintu perbuatan keji dan mungkar. Bila memungkinkan untuk mencari sekolah lain yang tidak ada ikhtilat di dalamnya maka anda harus pindah ke sekolah tersebut. Syaikh Ibnu Jibrin berfatwa (terjemahannya):
Ikhtilat yang terjadi antara laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran di universitas-universitas atau sekolahan-sekolahan dasar dan sma hukumnya tidak boleh secara syar’i> akan tetapi jika siswa tidak bisa mendapatkan sarana belajar selain di universitas-universitas ini, yang ada ikhtilat didalamnya maka dia boleh belajar di sana dan dia siap menundukkan pandangannya , menjauhkan diri dari bersentuhan dengan wanita atau memandang mereka yang ini bisa menimbulkan fitnah. Dan begitu juga, wajib atas siswi-siswi untuk berusaha sebisa mungkin untuk memisahkan diri dan menjauh dari sekolahan-sekolahan yang ada ikhtilat di dalamnya. http://ibn-jebreen.com/?t=fatwa&view=vmasal&subid=11565

Wallahu ta'ala a'lam

 

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com