SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Meng Aqiqahkan anak Adopsi hasil zina.


Ikhwan (Banten)
3 years ago on Keluarga

Assalammualaikum, Ustadz Saya sudah menikah selama 5 tahun dan belum dikarunia anak,  ada warga  saya mendapati kecelakaan anak perempuannya Hamil diluar nikah dan keluarganya Ingin membuang Bayi tersebut, dari pihak si keluarga itu mencari orang yang ingin Mengadopsi, dan akhirnya pihak keluarga perempuan memberikannya kepada  saya, alhamdulillah  pihak keluarga saya setuju untuk Mengadopsinya, yang saya tanyakan  apa kah saya boleh mengaqiqahkanya si bayi tersebut dengan nama saya, misalnya Fulan bin saya, Masalahnya pihak keluarga perempuan tidak mau memberi tahu laki-laki yang menghamilinya, apakah saya boleh meng Aqiqahkan bayi tersebut dengan nama saya Misal Fulan Bin saya.? bagaimana hukumnya pak ustadz saya bingung .
Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Merawat anak kecil yang mau dibuang sebagaimana yang diceritakan adalah termasuk kebaikan dan ihsan. Namun tidak boleh mensabkan si anak kepada anda sebab hukum asalnya anak hasil zina dinasabkan kepada ibunya bila si wanita belum bersuami. Silahkan lihat jawaban kami sebelumnya di link ini

Silahkan melihat juga jawaban kami sebelumnya terkait tidak bolehnya menasabkan anak ke orang yang mengadopsinya di link ini

Silahkan anda mengaqiqahi anak tersebut bila anda sudah mendapatkan izin dari ibunya untuk mengaqiqahi atau izin umum untuk mengurusnya dan mengarahkannya sebaik mungkin.

Apabila di masa mendatang pengurusan surat-surat anak tidak bisa bila anak dinisbatkan ke ibunya maka si anak bisa dinisbatkan ke hamba Allah yang bersifat umum seperti fulan bin Abdullah atau fulan bin Abdurrahman atau yang semisalnya.

Wallahu ta'ala a'lam

 

 

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com