SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

zakat fitri di rumah mertua


Ikhwan (kendari)
3 years ago on Aqidah

Assalamu'alaikum,

Apakah saya wajib membayar zakat fitrah? Sedangkan untuk sementara, saya lebarannya di rumah mertua saya (sementara waktu sampai insya Allah selesai istri saya melahirkan baru kami kembali ngontrak rumah) dan untuk makanan pokok saya sehari-hari di tanggung mertua saya! Dan lebih detailnya lagi saya penghasilan perbulan 2 juta / bulan... Gimana itu ustadz?

Syukran, jazakumullahu khairan


 

Redaksi salamdakwah.com
3 years ago

 وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apabila dilihat dari sisi penghasilan anda mampu membiayai kebutuhan dasar anda dan istri di siang dan malam idul fitri maka lebih afdhal anda membayar zakat dari uang anda.  Ada pertanyaan yang ditujukan kepada Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi,"Apakah seorang ayah boleh mengeluarkan zakat fitrah anaknya dan istri anaknya jika mereka berada di satu rumah? Saya tinggal bersama ayah saya di rumah Beliau. Saya sudah menikah dan sudah memiliki anak. Apakah ayah saya boleh mengeluarkan zakat fitrah untuk saya dan anak-anak saya?

Mereka menjawab," Apabila ayah anda telah mengeluarkan zakat fitrah anda, istri serta anak-anak anda maka itu dibolehkan dan anda tidak perlu mengeluarkan lagi zakat fitrah, namun bila anda mengeluarkan zakat fitrah dari harta anda pribadi untuk anda dan orang yang anda nafkahi maka ini lebih afdhal mengingat andalah yang dituju dalam pensyariatan ini.
Fatwa ini ditandatangani oleh
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku ketua
Abdul Aziz Alu Syaikh selaku wakil ketua
Sholeh al-Fauzan selaku anggota
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 8/276 pertanyaan pertama dari fatwa no.19226

Berikut ini petikan fatwa lain dari Lajnah Daimah," Seorang muslim boleh mengeluarkan zakat fitrah tamunya yang dia nafkahi selama bulan Ramadhan bila tuan rumah memberitahu sebelumnya tamu tersebut dan si tamu juga setuju untuk dibayari zakatnya. Namun yang lebih utama bagi tamu ini adalah dia mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya sendiri dari hartanya mengingat dia yang dituju dalam perintah syariat.


Fatwa ini ditandatangani oleh
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku ketua
Abdurrazzaq Afifi selaku wakil ketua
Abdullah bin Ghadyan selaku anggota
Sholeh al-Fauzan selaku anggota
Abdul Aziz Alu Syaikh selaku anggota
Bakr Abu Zaid selaku anggota
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 8/262 pertanyaan ketiga dari fatwa no.16428
 

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com