SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pendidikan Non Reguler


Ikhwan (Duri - Pekanbaru - RIAU)
5 years ago on Fiqih

Assalamu'alaikum Ustadz,
Mau tanya, bagaimana hukum nya mengikuti  kuliah non reguler (kelas sabtu-minggu/kelas karyawan/Kelas jarak jauh) dan bolehkah  menggunakan ijazah nya untuk mencari nafkah. sementara ijazah resmi dikelurkan oleh Perguruan Tinggi Tersebut dimana DITJEN DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) pernah mengeluarkan larangan.




وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته



Perlu dipastikan kembali dan diklarifikasi ke pihak berwenang, dalam hal ini DITJEN DIKTI terkait regulasi pelarangan kuliah jarak jauh, apakah ini sifatnya mutlak (seluruh perguruan tinggi) ataukah larangan ini bersifat terbatas (hanya berlaku pada sebagian perguruan tinggi).



Apabila setelah kroscek diketahui bahwa pelarangan hanya berlaku pada sebagian perguruan tinggi tertentu maka tidak masalah mengikuti perkuliahan jarak jauh di perguruan tinggi yang tidak terkena larangan tersebut. Dengan catatan ijazahnya juga tidak menipu seakan-akan di ijazah itu dinyatakan bahwa peserta kuliah mengikuti program reguler padahal faktanya dia mengikuti program tidak reguler.



Apabila DITJEN DIKTI menyatakan bahwa larangan ini bersifat umum tentu tidak boleh kita mengikuti kuliah jarak jauh dan menjadikan ijazahnya sebagai modal mencari pekerjaan mengingat itu melanggar ketentuan pihak berwenang yang telah mengeluarkan regulasi untuk meminimalisir pemalsuan ijazah dan demi kemaslahatan umum.



Wallahu a'lam

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com