SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum orang Yang Menghajikan Orang Lain Sementara Dirinya Belum Berhaji


Ikhwan
4 years ago on Fiqih

Assalamu'alaikum wr wb


Ustadz bagaimana dengan kaidah yang menyatakan bahwa seseorang harus berhaji dulu sebelum menghajikan orang lain..apakah ini mutlak tidak boleh?bagaimana bila berhaji bersama orang tua sementara dirinya belum berhaji?


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Dalam salah asatu riwayat shahih disebutkan:


أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعَ رَجُلًا يَقُولُ: لَبَّيْكَ عَنْ شُبْرُمَةَ، قَالَ: «مَنْ شُبْرُمَةُ؟» قَالَ: أَخٌ لِي - أَوْ قَرِيبٌ لِي - قَالَ: «حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ؟» قَالَ: لَا، قَالَ: «حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شُبْرُمَةَ».

"Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendengar seorang laki-laki berkata: "Labbaika 'an Syubrumah (Aku memenuhi panggilanMu atas nama Syubrumah", Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertanya: "Siapa Syubrumah?", laki-laki itu menjawab: "Saudaraku atau kerabatku", Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sudah berhajikah kamu?", laki-laki menjawab: "Belum", Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Berhajilah atas dirimu kemudian hajikan atas Syubrumah". HR. Abu Daud no.1811 dan Ibnu Majah no.2903. Dishahihkan oleh al-Albani


Maksud dari riwayat ini adalah larangan seseorang untuk menghajikan orang lain sedangkan dia sendiri belum berhaji. Yakni seseorang melakukan ibadah haji namun niatnya adalah menghajikan orang lain.

Keadaan ini berbeda dengan bila anak membiayai orang tuanya berhaji sedangkan dia sendiri belum berhaji (anaknya tetap di negerinya dan tidak ikut berangkat), ini tidak apa.


Boleh juga seorang anak berhaji pertama dan mengajak serta orang tuanya untuk pergi berhaji juga.

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com