SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Memberi Makan Orang Yang Berbuka Namun Tidak Saat Berbuka


Ikhwan (padangsidimpuan)
11 months ago on Ibadah

Kesepatan masyarakat bahwa tiap hari bergiliran untuk membuatkan bukaan buat orang yg puasa kemudian diantar ke mesjid...namun yg mirisnya, hanya tukang adzan yg ada di mesjid berbuka.
Tujuan bukaan tersebut akhirnya atau memang direncanakan untuk dimakan ketika habis taraweh (memang tujuan sengaja diselewengkan dengan kesepakan awal untuk bukaan)
Apakah si penyumbang bukaan tetap mendapat pahala seperti pahala memberi bukaan untuk orang berpuasa?
Syukron

Redaksi salamdakwah.com
11 months ago


Orang yang memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa saat berbuka maka orang itu akan memperoleh pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa. Nabi shallallahu akaihi wa sallam bersabda 


مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا


“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” HR. Tirmizi, 807. Ibnu Majah, 1746. Dan yang lainnya

Terkait pertanyaan yang disampaikan, bila memang orang yang akan menyumbang tahu bahwa faktanya makanan yang disediakan tidak untuk orang yang berpuasa kala berbuka maka pahala itu tidak bisa diperoleh. Dalam syarh Sunan Ibnu Majah yang mengandung penjelasan imam as-Suyuthi dan yang lainnya disebutkan,"


فطر صَائِما أَي اطعمه وسقاه عِنْد افطاره من كسب حَلَال

Memberi bahan berbuka orang yang berpuasa yakni memberi makan dan minum dia saat orang puasa itu berbuka dari pendapatan yang halal. Syarh Sunan Ibnu Majah 1/125 (Maktabah syamilah)

Wallahu a'lam
    


PERTANYAAN TERKAIT

© 2017 - Www.SalamDakwah.Com