SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Keharusan membaca basmalah kala melakukan amalan penting?


Ikhwan
9 years ago

Apakah setiap amal sholeh yg dilakukan harus diawali ucapan/menyebut basmallah? Contoh memberikan sedekah kpd pengemis, berinfaq melalui ATM, membantu orang lain, memberi makanan kpd orang lain dll.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

Ada riwayat yang dibawakan oleh al-Khatib dan ar-Rahawi berbunyi:


كل أمرٍ ذي بال لا يُبدأ فيه بـ"بسم الله الرحمن الرحيم" فهو أبتر


"Setiap perkara penting yang tidak didahului dengan Bismillahirrahmanirrahim, maka perkara itu terputus (dari keberkahan.pen)."

Ulama' berbeda pandangan dalam menyikapi riwayat ini, ada yang berhujjah dengannya dan ada yang tidak berhujjah dengannya karena lemahnya riwayat tersebut.

Diantara ulama' yang mengamalkan isi dari riwayat ini adalah syaikh Ibnu Baz (lih. Fatawa Islamiah 3/180) dan syaikh Ibnu Utsaimin rahimahumallah (lih. Majmu' fatawa wa rasail al-Utsaimin 6/11)

Syaikh al-Albani rahimahullah mendhoifkan hadits di atas lih. Irwa' al-Gholil hal.29 al-Maktab al-Islami Beirut.

Apapun itu, sampai saat ini kami belum mendapati ulama' yang mengharuskan (mewajibkan) membaca basmalah dalam perbuatan-perbuatan yang penting, dan orang yang tidak membaca basmalah kala itu dianggap berdosa. Yang kami dapati adalah beberapa ulama' sangat menganjurkannya untuk mendapatkan keberkahan dari perbuatan penting yang dilakukan.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com