SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Warisan Anak Angkat


Ikhwan (makassar sul sel)
5 years ago

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Ustadz barakallahu fiik
1. Apakah dapat warisan anak angkat dari orang yang memeliharanya sejak kecil sampai besar jika dia meninggal?
2. Siapakah ahli waris jika yg meninggal tidak punya anak, istri satu dan anak angkat satu??
Syukran jazaakumullahu khairan
Barakallahu fiik ustadz
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعليكم السلام ورحمة وبركاته

Apabila anak yang dipungut dan diasuh dari kecil hingga besar itu pada kenyataannya tidak ada hubungan nasab (kekerabatan hakiki), pernikahan yang shahih atau wala' (kekerabatan secara hukum) maka dia tidak berhak mendapatkan warisan. Namun dia berhak memperoleh wasiat yang tidak lebih dari sepertiga harta warisan, dia juga boleh menerima sebagian harta bila ahli waris sepakat memberinya uang bagian mereka atau sebagian dari bagian mereka.

Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya tentang seseorang yang menemukan seorang anak laki-laki di salah satu gunung kemudian dirawat hingga besar oleh orang yang menemukan tersebut hingga dewasa. Sampai suami istri itu meninggal dunia. Terkait hal itu Ulama' yang duduk di Lajnah Daimah tersebut dalam petikan fatwanya menyebutkan," Orang tersebut tidak boleh menerima warisan dari ayah kalian sebab dia bukan termasuk ahli waris dia. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 16/12 fatwa no.12966

Untuk jawaban pertanyaan kedua, istri memperoleh seperempat dari harta warisan yang ditinggalkan dan sisanya diberikan kepada Dzawil Arham. Diantara dalil yang menunjukkan istri memperoleh seperempat harta warisan. dalilnya adalah firman Allah ta'ala di surat An-Nisa' ayat 12:

وَلَكُمْ نِصْفُ مَا تَرَكَ أَزْوَاجُكُمْ إِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُنَّ وَلَدٌ فَإِنْ كَانَ لَهُنَّ وَلَدٌ فَلَكُمُ الرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْنَ مِنْ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصِينَ بِهَا أَوْ دَيْنٍ وَلَهُنَّ الرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْتُمْ إِنْ لَمْ يَكُنْ لَكُمْ وَلَدٌ فَإِنْ كَانَ لَكُمْ وَلَدٌ فَلَهُنَّ الثُّمُنُ مِمَّا تَرَكْتُمْ مِنْ بَعْدِ وَصِيَّةٍ تُوصُونَ بِهَا أَوْ دَيْنٍ

Dan bagi kalian (para suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh isteri-isterimu, jika mereka tidak mempunyai anak. jika isteri-isterimu itu mempunyai anak, Maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. Para isteri memperoleh seperempat harta yang kalian tinggalkan jika kalian tidak mempunyai anak. Jika kalian mempunyai anak, Maka Para isteri memperoleh seperdelapan dari harta yang kalian tinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kalian buat atau (dan) sesudah dibayar hutang-hutang kalian.

Masalah pembagian warisan tidak cukup hanya jawaban di sini. Selayaknya dibawa ke pengadilan agama untuk diteliti lebih lanjut dan mendetail di lapangan sehingga keterangannya bisa sesuai dengan kenyataannya.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com