SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bayar Riba Dengan Riba


Ikhwan
5 years ago

Assalamualaikum Ustad,

Saya sedang terhimpit dengan masalah hutang yang sudah lama tidak selesai-selesai. Kartu kredit , cicilan2. Yang akhirnya kami seperti gali lobang tutup lubang. Minjam lagi ke Bank untuk menutup hutang kartu kredit. Tapi hasil nya nombok juga buat bulanan, dan begitu terus. Dan kartu kredit jadi terpaksa di pakai lagi.

Bagaimana solusi yang paling baik yang harus saya lakukan? Boleh kah kami menutup kartu kredit semua dengan cara meminjam kembali ke Bank?
5 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه

Hukum asalnya tidak boleh menjadikan tanggungan hutang sebagai alasan untuk berhutang riba baik itu dengan menggunakan kartu kredit atau yang lainnya, mengingat dosa besar yang akan ditanggung oleh orang yang berhutang dengan sistem ribawi. Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya tentang mengambil hutang riba didasari keterdesakan," Ada sebagian orang melakukan transaksi riba dan memasukkan riba ke dalam kaidah "Kondisi darurat membolehkan melakukan sesuatu yang dilarang." Bagaimana hukumnya seseorang yang memiliki hutang; dia harus membayarnya atau dibawa ke pengadilan, akhirnya dia terlibat dalam praktek riba?

Mereka menjawab," Transaksi riba tidak diperbolehkan secara mutlak.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 13/294 Pertanyaan Ketiga dari Fatwa Nomor 9275

Diantara solusi yang bisa ditempuh adalah menjual barang-barang yang dibeli dengan cara berhutang kemudian membayar hutang sebelumnya dengan menggunakan uang hasil penjualan sambil berusaha keras mencari sumber penghasilan lain yang memungkinkan dia memperoleh uang yang cukup besar untuk membayar lunas hutang ribanya. Wallahu ta'ala a'lam
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com