SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sholat Isya Sebelum Adzan Shubuh


Akhwat (Jakarta)
4 years ago

Ustadz, kadang kalau lagi capek setelah pulang kerja sehabis sholat maghib pasti ketiduran dan melewatkan sholat isya.Tapi sebelum adzan shubuh berkumandang ,saya bangun ustadz dan sholat isya kemudian saya lanjutkan untuk sholat tahajjud.Kalau begitu hukumnya bagaimana ustadz?Boleh atau tidak?
Redaksi salamdakwah.com
4 years ago

Perlu diketahui bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam membenci tidur sebelum Isya' dan membenci berbincang-bincang setelah Isya', dengan demikian selayaknya anda tidak tidur sebelum melaksanakan shalat Isya'. Dalam salah satu riwayat Abu Barzah al-Aslami menerangkan,"

وَكَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَهَا، وَالحَدِيثَ بَعْدَهَا

Dan beliau (Nabi) membenci tidur sebelum Isya' dan membenci berbincang setelahnya. HR. Bukhari no. 547 dan yang lainnya.

Perlu diketahui pula bahwa pendapat yang kuat adalah akhir waktu shalat Isya' adalah tengah malam sehingga orang yang melaksanakan shalat setelah tengah malam berlalu dia dihitung mengqadha' shalat Isya'. Dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وَقْتُ الظُّهْرِ مَا لَمْ يَحْضُرِ الْعَصْرُ، وَوَقْتُ الْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، وَوَقْتُ الْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَسْقُطْ ثَوْرُ الشَّفَقِ، وَوَقْتُ الْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ، وَوَقْتُ الْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ

"Waktu shalat zhuhur selama belum tiba waktu shalat ashar, dan waktu shalat ashar selama matahari belum menguning, dan waktu shalat maghrib selama tebaran syafaq (mega merah) belum menghilang, dan waktu shalat isya` hingga tengah malam, dan waktu shalat fajar selama matahari belum terbit." HR. Muslim no.612

Semoga Allah ta'ala selalu memberi kita ilmu yang bermanfaat. Wallahu ta'ala a'lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com