SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

tentang hadits


Ikhwan
8 years ago

kalo membaca hadits itu apakah sama seperti qur'an?ada idgham atau semacamnya?
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

Dalam Penerapan kaidah Tajwid untuk membaca hadits, ulama’ berbeda pendapat, dan pendapat yang saya pilih adalah yang mengetakan bahwa tajwid untuk selain Qur’an tidak disyariatkan. Dalilnya firman Allah ta’ala:
وَإِنَّ مِنْهُمْ لَفَرِيقًا يَلْوُونَ أَلْسِنَتَهُمْ بِالْكِتَابِ لِتَحْسَبُوهُ مِنَ الْكِتَابِ وَمَا هُوَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَقُولُونَ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَمَا هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَيَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُونَ (آل عمران:٧٨)
Sesungguhnya diantara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, Padahal ia bukan dari Al kitab dan mereka mengatakan: "Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah", Padahal ia bukan dari sisi Allah. mereka berkata Dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui.

Syaikh Utsiamin berkata setelah membawakan ayat diatas (terjemahnya): Sebagian ulama’ kontemporer menafsirkan termasuk dari itu (yang dilarang. pent) adalah seseorang membaca selain Al-Qur’an seperti dia membaca Al-Qur’an. Seperti membaca Hadits-Hadits nabi shallallahu alaihi wa sallam seperti membaca Al-Qur’an, atau membaca perkataan ulama’ seperti membaca Al-Qur’an. lih http://islamqa.info/ar/ref/148358

Wallahu a’lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com