SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sholat Sunnah di Gedung Yang Dekat Masjid


Ikhwan (jakarta)
5 years ago

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
ustad saya tinggali di gedung yang berdempetan dengan masjid yang memisahkan hanyalah tembok beserta pintunya, sudah hampir 1 tahun lamanya saya hidup di sini.

Apakah pahala sholat sunnah rawatib qabliyah dan ba'diyah yang afdhalnya di kerjakan dirumah, bisa saya dapatkan? jika saya mengerjakan di tempat saya tinggal sekarang ini ustad.

syukran ustad.
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bilal anda tinggal muqim di gedung sebelah masjid maka anda tetap memperoleh pahala keutamaan melaksanakan shalat sunnah di tempat tinggal anda meski jarak tempat tinggal anda dengan masjid sangat dekat. Syaikh Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin menerangkan masalah ini disertai dalil,"
Shalat sunnahnya seorang laki-laki di rumahnya lebih afdhal dari pada shaat sunnahnya dia di masjid al-Haram. Dalilnya adalah sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,"

(صَلاَةٌ فيِ مَسْجِدِيْ هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيْمَا عَدَاهُ إِلَّا المَسْجِد الحَرَام)

Shalat di masjidku ini lebih baik seribu kali lipat dibanding shalat di masjid lainnya (kecuali masjid al-Haram) dan lafadz imam Muslim atau di sebagian lafadz hadits,"

(صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِيْ هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَة فِيْمَا سِوَاهُ إِلاَّ مَسْجِد الكَعْبَة)

Shalat di masjidku ini lebih baik dibanding seribu shalat yang dilaksanakan di masjid lain kecuali masjid al-Haram."

Meski demikian...Beliau bersabda terkait shalat sunnah seorang laki-laki,"

Shalat seseorang yang paling utama adalah yang dilaksanakan di rumahnya kecuali shalat fardhu,".

(أَفْضَلُ صَلاَةِ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلاَّ المَكْتُوْبَة)

Nabi shallallahu alaihi wa sallam melaksanakan shalat nafilah (yang bukan wajib) di rumahnya, Beliau juga melaksanakan shalat rawatib di rumahnya, beliau melaksanakan shalat malam dan witir di rumahnya padahal antara beliau dengan masjid hanya tinggal membuka pintu rumah beliau kemudian bisa langsung masuk masjid...Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 15/124-125

Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah menerangkan sedikit perincian hadist keutamaan shalat nafilah di rumah," Dhohirnya (hadits shalat nafilah di rumah.pent) itu mencakup seluruh shalat nafilah sebab maksud dari al-Maktubah adalah shalat fardhu namun nafilah dalam hadits itu adalah nafilah yang tidak disyariatkan adanya jama'ah dan shalat yang tidak khusus dilaksanakan di masjid seperti dua raka'at tahiyat masjid beginilah yang dikatakan oleh sebagian imam kami. Fath al-Bari 2/215

Dengan demikian pelaksanaan rawatib di tempat tinggal anda yang dekat dengan masjid insya Allah tetap tercakup dalam keumuman hadits keutamaan shalat nafilah di rumah.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com