SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menyimpan Hasil Panen Dan Menjualnya Saat Mahal


Akhwat (bekasi)
5 years ago

assalamu'alaikum wr. wb
ustadz...bagaimana hukumnya orang yang menyimpan hasil panennya (mis. beras) untuk dijual saat musim paceklik? dengan harapan, harga beras lebih tinggi saat musim paceklik. apakah hal itu diperbolehkan dalam agama?

bagaimana pula hukumnya, orang yang membeli emas sebagai simpanan dan bila ada kenaikan harga emas baru dijual? apakah hal ini diperbolehkan dalam agama?

syukron
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Seeorang yang bertani kemudian menyimpan hasil pertaniannya, kemudian ketika harganya mahal dia menjualnya, itu dibolehkan bila itu tidak merugikan orang banyak dan tidak merusak harga (karena barang tetap dijual oleh pedagang lain). Dalam kita Mushannaf Abdurrazzaq disebutkan,"

عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ: أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ ابْنِ طَاوُسٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: «كَانَ يَكُونُ عِنْدَهُ الطَّعَامُ مِنْ أَرْضِهِ السَّنَتَيْنِ وَالثَّلَاثِ، يُرِيدُ بَيْعَهُ يَنْتَظِرُ بِهِ الْغَلَاءَ»

Abdurrazzaq berkata," Ma'mar telah mengkabarkan kepada kami," dari Ibnu Thawus dari ayahnya dia mengatakan bahwa dia menyimpan makanan dari hasil buminya selama dua dan tiga tahun. Dia ingin menjualnya, dia menunggu harganya mahal. Mushannaf Abdurrazzaq 8/202 14885

Al-Hasfaki dalam kitabnya ad-Dur al-Mukhtar menerangkan," tidak ada beda pendapat di kalangan Ulama' bahwa seseorang tidak dikatakan sedang menimbun bila dia menahan hasil buminya"

Ibnu Abidin memberikan komentar," sebab itu adalah murni haknya dan itu tidak terkait dengan hak khalayak bukankah anda tahu bahwa dia berhak untuk tidak menanam maka begitu pula dia berhak untuk tidak menjual. Ad-Dur al-Mukhtar dan Hasiyah Ibnu Abidin 6/399

Imam Malik pernah ditanya," bila itu (penyimpanan) tidak memberikan mudharat bagi pasar. Beliau menjawab," itu dibolehkan bila tidak memberikan mudharat bagi pasar." Al-Mudawwanah 3/314

Untuk pertanyaan kedua silahkan melihat jawaban sebelumnya di http://salamdakwah.com/baca-pertanyaan/hukum-emas.html

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com