SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Doa bersama setelah shalat berjamaah


Ikhwan
9 years ago

Assalamu'alaykum,

Ustadz, saya ingin bertanya mengenai doa/dzikir bersama yang biasa dilakukan oleh jamaah setelah shalat berjamaah terutama pada shalat jumat.
Sedangkan saya pernah mendengar bahwa hal ini tidak dicontohkan oleh Rasulullah, apakah benar demikian?
Mohon penjelasannya untuk saya yang masih awam ini.

Jazakumullah khoir.
Redaksi SalamDakwah
9 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Berikut fatwa Ibnu Baz mengenai masalah ini (terjemahnya):
Yang disunnahkan adalah mengeraskan dzikir setelah salam dari shalat lima waktu dan setelah shalat Jum’at, ini berdasarkan riwayat Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma:
"أن رفع الصوت، بالذكر حين ينصرف الناس من المكتوبة كان على عهد النبي صلى الله عليه وسلم" وقال ابن عباس: "كنت أعلم إذا انصرفوا بذلك إذا سمعته"أخرجه البخاري رقم 841 و مسلم رقم 583
“Mengeraskan suara dzikir setelah shalat wajib telah ada di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Ibnu ‘Abbas berkata, “Aku mengetahui bahwa shalat telah selesai dengan mendengar hal itu (kerasnya dzikir.pent), yaitu jika aku mendengarnya.”

Adapun menjadikan dzikir secara berjama’ah, dimana setiap orang menyesuaikan dan mengikutkan suaranya dengan suara orang lain dari awal sampai akhir maka ini tidak ada dalilnya, bahkan ini adalah Bid’ah.
Akan tetapi yang disyariatkan adalah semua orang sama-sama berdzikir tanpa bermaksud untuk saling sahut menyahut dari awal sampai akhir (menyamakan suara. Pent) Majmu’ Fatawa Ibnu Baz juz.11 hal.191
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com