SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Puasa Sunnah Syawal Sebelum Qadha'


Akhwat (bekasi)
4 years ago

assalamu'alaikum...
apakah diperbolehkan melakukan puasa sunah terlebih dahulu, baru kemudian mengqodho utang puasa wajib? dengan pertimbangan haid yang cukup lama (10-12 hari) dan terkadang suami tidak membolehkan puasa jika suami sedang libur kerja.
jazakallah
Redaksi salamdakwah.com
4 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ulama' berbeda pendapat terkait masalah kebolehan mendahulukan pelaksanaan puasa sunnah enam hari di bulan Syawwal sebelum melaksanakan qadha' Ramadhan.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi menerangkan,"
Selayaknya orang yang punya hutang puasa Ramadhan melaksanakan puasa Ramadhan dulu kemudian puasa sunnah enam hari di bulan Syawwal sebab tidak terwujud perbuatan “mengiringi” puasa Ramadhan dengan puasa enam hari di bulan Syawwal kecuali bila dia telah menyempurnakan pelaksanaan puasa Ramadan. Al-Lajnah ad-Daimah Li al-Buhuts al-Ilmiah wa al-Ifta’ 10/393 Fatwa no.2264
.
Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin menerangkan:
Adapun berpuasa enam hari di bulan Syawwal, maka (perlu diketahui.pent) bahwa puasa tersebut terikat dengan Ramadhan, dan itu tidak terlaksana kecuali setelah Qadha' Ramadhan. Seandainya pelaksanaannya sebelum Qadha' maka ia tidak mendapatkan pahala tersebut, berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Siapa yang telah berpuasa Ramadhan, kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti puasa setahun. HR. Muslim no.1164

Dan telah diketahui bersama bahwa barangsiapa yang masih berkewajiban Qadha' puasa tidak dianggap telah berpuasa Ramadhan sampai ia menyelesaikan Qadha' nya. Majmu' Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin 20/48-49

Dari rangkaian kaset silsilah al-Huda wa an-Nur yang mendokumentasikan ceramah-ceramah syaikh Al-Albani rahimahullahu ta’ala disebutkan di kaset no.753 bahwa ada seseorang yang beetanya kepada syaikh:
Terkait puasa enam hari di bulan Syawwal yang saya fahami dari anda adalah orang yang ingin melaksanakan puasa enam hari di bulan syawwal disyaratkan untuk menyeleaaikan puasa Qadha’ Ramadhan yang wajib atasnya?

Beliau menjawab,” Ya begitu, mengingat yang fardhu harus didahulukan atas yang sunnah dan mengingat manusia tidak memiliki kontrol diri dan umurnya.
Kadang ajal tiba kepada dirinya dalam keadaan yang paling baik. Bisa jadi dia meningal dalam keadaan yang paling buruk, ajal tiba dalam keadaan dia berpuasa sunnah enam hari dia meninggal dengan status bermaksiat sebab dia dalam keadaan berpuasa tathawwu’ (tidak wajib) sedangkan dia belum selesai melaksanakan puasa qadha’ yang diwajibkan atasnya...http://www.alalbany.ws/alalbany/audio/753/753_08.rm

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com