SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Keluar Saat Jam Kerja


Akhwat (tangerang)
5 years ago

Assalamu'alaikum pak ustadz.?
Suami saya bekerja diperusahaan sebagai kepala produksi,masih dijam kerja suami saya sering pulang kerumah sedangkan masih dalam keadaan kerja,dan kembali lagi ketempat kerja beberapa jam,saya selalu bertanya kenapa setiap jam kerja pulang kerumah?tp dia selalu bilang udh ada perjanjian sama bosnya?padahal dia pemimpin juga jadi walaupun ada perjanjian sama bosnya sama saja mencontohkan hal yang ga baik sama bawahannya..?sedangkan perusahaan bayar full jam kerja,apakah uang dari suami saya tercampur dengan yang batil.??Terima kasih pak ustadz
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada perincian bila ada izin dari atasan. Syaikh Ibnu Baz pernah ditanya:
Ada seorang pegawai yang keluar kantor dengan izin tertulis dari atasannya langsung dan izin dari pimpinan kantor selama satu, dua atau tiga jam, atau bahkan sehari penuh misalnya, apakah ia berdosa ? Apa hukum gaji yang dia terima perbulannya dengan nominal yang tidak dipotong?

Beliau menjawab:
Kami harap dia tidak dikenai dosa atau konsekwensi apapun bila dia keluar dengan izin penanggung jawab. Kami harap dia tidak dikenai dosa atau konsekwensi apapun, kecuali itu dilakukan karena sikap tidak amanah atau karena cuek.

Keluar itu tidak boleh bila:
- itu berefek ditelantarkannya pekerjaan
- itu demi maslahat khusus direkturnya, atau alasan yang semacamnya.

Adapun bila keluarnya dari kantor disebabkan kepentingan mendadak yakni direktur atau pimpinannya membolehkan keluar disebabkan kepentingan mendadaknya maka kami berharap dia tidak bermasalah. Namun bila itu dilakukan karena sikap tidak amanah, menyepelekan, maslahat pribadi pimpinan atau direktur maka ini tidak boleh.
http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?languagename=ar&View=Page&PageID=5508&PageNo=1&BookID=5

Apabila jenis keluarnya suami anda termasuk yang tidak boleh maka sebagian gaji yang dia terima bermasalah.

Silahkan melihat juga pembahasan singkat kami sebelumnya terkait penyelewengan waktu oleh pekerja di http://www.salamdakwah.com/mobile/baca-artikel/penyelewengan-waktu-oleh-pekerja.html#.VTnofCxQ77A

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com