SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dzikir Pasca Shalat Jumat


Ikhwan (sumenep,madura)
5 years ago

assalamualaikum,wr.wb... ustad tanya : apakah zdikir setelah solat jumat sama dengan zdikir setelah selesai solat fardu..? klo tidak, dzikir apa yg hrus kami baca ? sukron. wassalamualaikum wr wb
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعابكم ااسلام ورحمة الله وبركاته

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi menerangkan?
Dzikir dan do'a yang diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang diucapkan setelah shalat fardhu disunnahkan juga untuk diamalkan setelah shalat Jum'at, sebab shalat Jum'at adalah shalat wajib yang dilaksanakan berjama'ah dengan begitu ia menyerupai shalat fardhu yang yang lainnya. Shalat jum'at masuk dalam keumuman apa yang diriwayatkan dari al-Mughiroh bin Syu'bah radhiyallahu anhu, beliau berkata: Dahulu Nabi shallallahu alaihi wa sallam setiap selesai shalat fardhu beliau berucap:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

"Tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah saja, tidak ada sekutu untuk-Nya. Milik-Nya segala kerajaan dan pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah! Tidak ada penghalang terhadap yang Engkau berikan dan tidak ada pemberi apa yang Engkau halangi. Serta tidak bermanfaat harta pemilik kekayaan (yang bermanfaat adalah amal shaleh.pent) dan dari-Mu lah kekayaan."

Oleh karena itu orang yang melaksanakan shalat Jum;at disunnahkan untuk mengamalkan dzikir dan doa yang disyariatkan untuk dibaca setiap setelah shalat fardhu sebagaimana shalat Dhuhur, Ashar dan Isya'...

Fatwa ini ditandatangani oleh:
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua Komite
Abdul Aziz Aalu Syaikh selaku Wakil Ketua
Abdullah bin Ghudayyan selaku Anggota
Sholeh al-Fauzan selaku Anggota
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 5/422 pertanyaan ketiga dari fatwa no.19327

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com