SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mitos Pernikahan Sunda dan Jawa


Ikhwan (Bandung)
5 years ago

Assalamu'alaikum Wr Wb, Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan keberkahan disetiap aktifitas kita, Aamiin

Para Asaatidz yang dimuliakan Allah, saya mohon pencerahan dan jawaban mengenai kebimbangan saya selaku anak yang ingin menikah, akan tetapi orang tua melarang saya untuk menikah dengan beda suku (Jawa), dikarenakan kata orang2 dulu kalau laki-laki nya sunda, terus perempuannya jawa itu rizki nya tidak akan lancar, Na'udzubillah padahal Allah sudah menjamin rejeki hamba-Nya. sementara saya sekarang sedang suka dengan perempuan yang bersuku jawa yang ingin saya jadikan jadi Makmum saya. disatu sisi saya tidak percaya mitos, akan tetapi disisi lain saya ingin mendapatkan ridho orangtua. apa yang harus saya lakukan Ustadz,,,, sebelumnya Terimakasih atas perhatian dan jawabannya, Jazakallah
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apabila wanita itu adalah wanita yang baik agamanya dan wanita yang memiliki sifat-sifat yang disebutkan Rasul shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

Dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Perempuan itu dinikahi karena empat hal: hartanya, nama baik nenek moyangnya, cantiknya dan agamanya. Pilihlah wanita yang baik agamanya. Jika tidak maka engkau akan beruntung” HR. Bukhari no.5090 dan Muslim no.1466

Maka cobalah untuk berkomunikasi dengan membawakan dalil (dengan metode yang lebih baik) lagi dengan orang tua, cobalah menerangkan dengan bijak terkait tidak tepatnya adat tersebut. Bila perlu silahkan meminta bantuan kepada pemuka agama setempat yang biasanya didengar pendapatnya oleh orang tua, mintalah bantuan kepadanya supaya menerangkan tentang tidak tepatnya adat tersebut. Diharapkan dengan demikian orang tua akan terbuka pikirannya dan mau menerima masukan-masukan yang baik.

Apabila wanita itu hanya bagus dilihat dari kecantikannya saja maka kami sarankan anda menuruti keinginan orang tua anda tanpa harus meyakini mitos tersebut dan tetap memberikan keterangan bahwa mitos itu tidaklah benar dilihat dari sisi agama Islam. Semoga Allah ta'ala mengkaruniakan kepada anda istri yang terbaik bagi anda.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com