SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Membaca Shalawat Pada Tasyahhud Awal? Kapan Menggerakkan Jari?Bagaimana Gerakannya?


Ikhwan (Mataram, NTB)
6 years ago

Assalamualaikum ustadz
ana punya dua pertanyaan:

1. Menurut ustadz apakah pada tasyahud pertama(awal) kita membaca shalawat apa tidak?karena ada pendapat yang mengatakan jika bacaan shalawat harus dibaca pada saat tasyahud awal dan akhir jika tidak membaca maka harus sujud sahwi.

2. pada saat kapan saja boleh menggerakkkan telunjuk saat tasyahud?dan gerakanya apakah kiri-kanan atau atas-bawah?

Barokallah fikum
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

1. Ulama' mengatakan bahwa membaca shalawat setelah tasyahhud awal disyariatkan, namun mereka berbeda pendapat terkait hukumnya. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi berpendapat hukumnya adalah sunnah, mereka menerangkan:
Bershalawat atas Nabi shallallahu alaihi wa sallam hukumnya wajib setelah membaca tasyahhud pada roka'at terakhir setiap shalat, adapun raka'at kedua dari shalat yang jumlah raka'atnya tiga atau empat maka disunnahkan untuk bershalawat atas Nabi shallallahu alaihi wa sallam setelah membaca dua syahadat ini berdasarkan hadits-hadits yang memerintahkan bershalawat atas Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 7/13 pertanyaan keempat dari fatwa no.6744

Bila mereka berpendapat bahwa hukumnya sunnah maka secara tidak langsung mereka berpendapat bahwa jika seseorang tidak membaca tasyahhud awal maka tidak disyariatkan untuk melakukan sujud sahwi.

2. Untuk pertanyaan kedua dan ketiga ini jawabannya telah kami bahas secara singkat, silahkan membuka link-link berikut:
- http://salamdakwah.com/baca-pertanyaan/tasyahud-sesuai-sunah.html
- http://www.salamdakwah.com/baca-pertanyaan/menggerak-gerakkan-jari-waktu-shalat.html

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com