SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Umur Saat Khitan dan Bacaan Khusus Saat Tasyakkuran


Akhwat (bekasi)
5 years ago

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
ustadz mau tanya...umur berapa sebaiknya anak laki-laki dikhitan? adakah bacaan khusus (membaca surat2 tertentu dalam al-qur'an) saat melangsungkan tasyakuran dalam rangka syukuran setelah anak dikhitan?
جَزَاكُمُ اللّهُ
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Khitan boleh dilakukan dari mulai anak lahir. Dan seharusnya itu sudah dilakukan sebelum usia baligh tiba. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya:
Kapan waktu yang afdhal dan tepat untuk mengkhitan anak? Apakah di usia saat ia disusui atau di usia baligh?

Mereka menjawab:
Sepengetahuan kami khitan tidak dibatasi waktu tertentu dalam syariat, namun semakin kecil anak dikhitan maka itu lebih utama dan lebih mudah bagi anak laki-laki atau perempuan. Dari situ bisa diketahui bahwa tidak apa-apa mengkhitan anak di usia saat ia disusui. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 5/142 pertanyaan kedua dari fatwa no.2392

Ibnu taimiyah berfatwa: adapun khitan, maka ia bisa dilaksanakan kapanpun, akan tetapi menjelang baligh selayaknya anak dikhitan sebagaimana yang dilakukan orang arab. Ini bertujuan supaya dia sudah terkhitan saat baligh. Al-Fatawa Al-Kubro oleh Ibnu Taimiyah 1/274

Ada Ulama' yang menganjurkan itu dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran. Syaikh al-Albani menerangkan:

Ada dua hadits terkait batasan waktu khitan:
Pertama: Dari Jabir radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengaqiqahi dan mengkhitan Hasan serta Husain pada hari ketujuh (dari kelahiran.ed).

Diriwayatkan oleh ath-Thabrani di al-Mu'jam al-Shaghir hal.185 para perawi di sanad hadits tersebut adalah orang yang tsiqoh namun di dalamnya terdapat Muhammad bin Abi as-Sari al-Asqalani, ada catatan terkait hafalannya.

Al-Walid bin Muslim melakukan tadlis taswiah dan pada hadits ini secara khusus dia menggunakan bentuk 'an ketika meriwayatkan. Hadits ini di kitab Fath al-Bari disandarkan oleh Ibnu Hajar ke Abu asy-Syaikh dan al-Baihaqi, dan beliau tidak mengomentari riwayat itu dan bisa jadi itu diriwayatkan dari jalan lain.

:
Kedua: dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma dia berkata:
ada 7 sunnah terkait anak kecil pada hari ketujuh dari kelahirannya: Diberi nama, dikhitan...al-Hadits

Diriwayatkan oleh ath-Thabrani di al-Ausath 1/334/562. al-Haitsami di al-Majma' 4/59:

Para perawinya tsiqoh. Adapun Ibnu Hajar al-Asqalani dia mengatakan di Fath al-Bari 9/483 dikeluarkan oleh ath-Thabrani di al-Ausath namun di sanadnya ada kelemahan.

Saya katakan: itu benar sebab di sanadnya ada Rowad bin al-Jarroh dan ia memiliki sisi lemah sebagaimana di al-Kasyif (adz-Dzahabi)namun salah satu hadits di atas menguatkan hadits yang lain sebab sumber yang mengeluarkannya berbeda. Dalam dua hadits di atas tidak ada yang tertuduh dengan kebohongan. Ulama' madzhab Syafi'i berhujjah dengan ini dan menganjurkan khitan pada hari ketujuh setelah lahir sebagaimana disebutkan dalam al-Majmu' 1/307 dan yang lainnya. Tamam al-Minnah Hal.68

Terkait makan-makan dalam rangka bersyukur ketika khitan dilakukan, Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi menerangkan;
“Merasa bahagia dalam khitanan adalah disyari`atkan; karena khitan termasuk hal-hal yang disyari`atkan, Allah –Ta`ala- telah berfirman:

( قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ )

“Katakanlah: "Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan". (QS. Yunus: 58)

Khitan termasuk karunia dan kasih sayang Allah –subhanahu wa Ta`ala-, tidak masalah membuat (dan menghidangkan.ed) makanan dalam rangka khitanan tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah”. (Fatawa Lajnah Daimah: 5/142 pertanyaan pertama dari fatwa no.2392)

Adapun bacaan khusus untuk itu kami belum mengetahui adanya dalil yang mendasarinya. Wallahu ta'ala a'lam.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com