SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bila Dikembalikan Dia Malu


Ikhwan
5 years ago

Assalamualaikum

Ustadz di tempat kerja,ana mempunyai teman,yang mana teman ana ini sudah keluar dari pekerjaan nya,
namun setelah itu,ana menemukan barang dan makanan dia yang tertinggal di tmpat kerjaan.

bagai mana sikap ana terhadap barang dan makanan dia yang tertinggal.
halal kah barang dan makanan tersebut.
yang mana apabila di kembalikan dia akan malu akan AIB dia.

syukron Jazaakallahu khoiron.
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Pertanyaan dari penanya sebenarnya perlu diperjelas terkait malu apabila dikembalikan. Secara umum kami katakan bahwa apabila makanan dan barang yang dimiliki oleh teman anda tersebut adalah makanan yang halal dan barang itu sesuatu yang halal dimiliki serta keduanya menjadi milik sah teman anda maka seharusnya itu dikembalikan kepadanya.

Supaya teman anda tidak terlalu malu maka anda bisa mengembalikannya dengan memakai jasa pengiriman atau anda mengembalikannya dengan cara meletakkannya di depan rumahnya di tempat yang aman dan bisa ia ketahui. Ini bila memang benar diyakini bahwa ia akan malu bila barang dan makanannya dikembalikan.

Ini semua perlu dilakukan mengingat penghormatan terhadap kepemilikan harta seseorang muslim. Allah ta'ala berfirman dalam surat al-Baqarah:188:

وَلا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالإثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan janganlah sebagian kalian memakan harta sebagian yang lain di antara kalian dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kalian membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kalian dapat memakan sebagian dari harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, Padahal kalian mengetahui.

Dalam salah satu hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ عَلَيْكُمْ حَرَامٌ

“Sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian adalah haram bagi kalian.”HR. Bukhari no.5550 dan Muslim no.1679 lafadz di atas adalah lafadz Muslim

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com