SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

foto & gambar bergerak


Ikhwan
9 years ago

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Apakah hukumnya foto2 makhluk bernyawa yang tersimpan dalam handphone/komputer?
& bagaimana dgn gambar bergerak pada media televisi?

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Gambar diam:
Dalam salah satu situs fatwa yang diasuh oleh syaikh shaleh Al-Munajjid dikatakan (terjemahan bebas): boleh mengambil gambar dengan kamera hp dan boleh menyimpan gambar tersebut di hp atau layarnya. Akan tetapi jika gambar dikeluarkan dan dicetak atas sesuatu yang tetap seperti kertas maka menjadi haram. Atau gambar tidak dicetak tapi gambar yang tersimpan di hp itu adalah gambar yang haram seperti gambar perempuan non mahram (maka itu juga haram). (http://islamqa.info/ar/ref/145522)

Menurut saya pribadi jika tidak diperlukan (keadaan darurat tertentu seperti ktp dll) maka sebaiknya tidak memotret dan menyimpan gambar makhluk hidup, dalam rangka keluar dari perbedaan pendapat para ulama’

Gambar bergerak:
Menurut syaikh syaikh Ibnu Baz dan Utsaimin jika mengambil gambar bergerak dari makhluq hidup karena ada maslahat dan keperluan maka itu boleh. Lih. Fatawa Islamiah juz.4 hal.367 dan http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=71434

Menyaksikan televisi:
Adapun menonton televisi, syaikh Ibnu Baz berfatwa: menyaksikan televisi sangat berbahaya, dan aku berwasiat supaya tidak menyaksikan dan duduk di dekatnya (untuk menyaksikan. Pen) sebisa mungkin.
Kalau orang yang menyaksikan itu memiliki kekuatan untuk mengambil manfaat dari kebaikan dan televisi tidak menariknya ke kejelekan maka dia tidak dilarang menonton tv, jadi dia mendengar sesuatu yang baik kemudian mengambil faedah darinya kemudian menjauhi yang buruk seperti nyanyian dan drama jelek serta apa yang membahayakan pendengar.
akan tetapi biasanya sebagian acara menarik penonton untuk menonton acara lainnya, oleh karena itu saya berwasiat supaya seseorang tidak memasukkan televisi ke rumahnya.(Majmu’ Fatawa Ibnu Baz juz.9 hal.384)

Wallahu a’lam
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com