SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Imam Saya Melakukan Sesuatu Yang Ada Tuntunannya


Ikhwan (Sumbawa Besar)
6 years ago

Assalamualaikum Ustadz...
Saya Mau tanya
gini ustadz, saya pernah mendapati sholat subuh 3 rakaat yang lumayan sering.Jadi gini ustadz Rakaat pertama setelah bacaan alfatihah terus imam membaca surah yang panjang saya tidak tahu nama surah nya tapi bacaan awalnya adalah Alif Lam Mim, dan surah itu dibaca kira-kira setengahnya setelah itu imam langsung takbir untuk sujud, setelah sujud langsung berdiri lagi untuk melanjutkan bacaan surah tadi.Setelah selesai membaca surah kemudian takbir utk ruku' dst.kmudian melanjutkan rakaat lagi (ini yang terakhir).Yang saya mau tanya apakah perkara ini benar dan ada tuntunan dari Rasulullah dan dilaksanakan khusus hari jum'at waktu subuh..,?
sekian ustadz
wassalamualaikum warahmatullah wabarokatuh...
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kemungkinan besar yang dibaca oleh imam anda adalah surat as-Sajdah, surat ke-32 dalam al-Qur'an, surat itu terdiri dari 30 ayat dan bila imam membaca surat tersebut dan melewati ayat ke 15 maka ia disyariatkan untuk melaksanakan sujud tilawah, begitu pula makmumnya.

Apabila yang dilakukan oleh imam Anda adalah:
- Membaca al-Fatihah
- Membaca surat as-Sajdah. Bunyi ayat pertama dan kedua surat as-Sajdah adalah:

الم (1) تَنْزِيلُ الْكِتَابِ لَا رَيْبَ فِيهِ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2

1. Alif laam miim
2. Turunnya Al-Quran yang tidak ada keraguan di dalamnya, (adalah) dari Rabb semesta alam.

- Ketika melewati ayat ke 15 dia melakukan sujud tilawah. ayat ke 15 dari surat as-Sajdah berbunyi:

إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

Sesungguhnya orang yang benar benar percaya kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan mereka pun tidak sombong.

- Dia berdiri melanjutkan bacaan surat as-Sajdah mulai ayat 16 hingga selesai
- Melakukan Ruku' dan seterusnya.
- Pada raka'at kedua membaca surat al-Fatihah dan al-Insan maka imam anda telah melakukan amalan sunnah.

Dalam salah satu riwayat shahih disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الجُمُعَةِ فِي صَلاَةِ الفَجْرِ الم تَنْزِيلُ السَّجْدَةَ، وَهَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ»

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Dahulu Nabi shallallahu alaihi wa sallam membaca alif lam mim surat as-Sajdah dan Hal Ata 'Ala al-Insani Hinum Mina ad-Dahri (al-Insan). HR. Bukhari 891 dan Muslim no.880. Lafadz di atas adalah lafadz Bukhari

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com