SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pengantin Wanita Ketahuan Hamil Sebelum Nikah, Bagaimana Hukum Akadnya?


Ikhwan (Jakarta)
6 years ago

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ,
لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ustadz, bagaimana hukumnya pernikahan yang dilakukan antara laki-laki dan perempuan yang perempuan tersebut ternyata telah berzina dengan laki-laki lain sebelum dilangsungkannya akad nikah?
Saat akad nikah, tidak diketahui/tidak ada tanda-tanda kehamilan pada perempuan tersebut. Ketika menginjak 2 minggu usia pernikahan dari akad nikah, didapati perempuan tersebut ternyata hamil dari laki-laki yang menzinainya sebelum menikah. Hal ini (kehamilannya), diketahui setelah telat haid dan dinyatakan positif melalui testpack dan oleh dokter kandungan.
Laki-laki yang melangsungkan akad nikah dengan perempuan tersebut tidak melakukan hubungan badan selama pernikahan mereka sehingga dapat dipastikan perempuan tersebut hamil oleh laki-laki lain yang menzinainya sebelum terjadinya akad nikah. Sah atau bathilkah akad nikah yang telah terjadi?
Dan apa yang sebaik dan seharusnya dilakukan dengan keadaan demikian?
Mohon rincian penjelasannya.
بارك الله فيك
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Pernikahan yang dilaksanakan ketika si wanita dalam keadaan hamil dari zina tidaklah sah. Ibnul Qayyim menerangkan:
Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah menceraikan Antara seorang laki-laki dan seorang wanita yang dinikahi oleh laki-laki itu dan didapati dalam keadaan hamil. Nabi shallallahu alaihi wa sallam menghukumnya dengan cambukan. Nabi memutuskan bahwa wanita itu berhak atas mahar.
Ini jelas menunjukkan bahwa akad nikah wanita yang hamil dari zina hukumnya batal. Zaadul Ma'aad 5/647.

Silahkan melihat pembahasan singkat kami sebelumnya di http://salamdakwah.com/baca-pertanyaan/wali-nikah-untuk-pernikahan-hamil-duluan.html di Dalam pembahasan tersebut. Di pembahasan itu juga ada keterangan terkait syarat bila si laki-laki tetap ingin menikahi wanita tersebut.

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com