SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pembatal Pernikahan?


Akhwat (Kranggan, Bekasi)
5 years ago

Assalamu'alaikum Úståϑz ,

Afwan Úståϑz , hal apa saja yg bisa menjadikan sebuah perkawinan menjadi batal hukumnya, SELAIN tdk terpenuhi salah satu syarat didalam pelaksanaan ijab kabul yg sesuai dgn syar'i...?

Apakah pertengkaran yg terus menerus dalam sebuah rumah tangga dan saling menyakiti secara Psikis haram Úståϑz ....?

Atas jawabannya, saya haturkan banyak terima kasih.



Barakallahu Fiik,,
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Secara umum perlu difahami bahwa akad nikah harus terpenuhi rukun dan syaratnya, apabila salah satu rukun dan syaratnya tidak terpenuhi dan tidak ada penghalang maka pernikahan itu batal. Syaikh Ibnu Baz rahimahullah pernah ditanya hal serupa:
Apa saja pembatal-pembatal syar'i pernikahan?

Beliau menjawab:
Pembatal-pembatal pernikahan ada bermacam-macam (contohnya): Bisa jadi terungkap bahwa wanita itu (wanita yang telah ia jalin akad dengannya.pent) adalah saudari sepersusuan sehingga batal lah pernikahannya. Bisa jadi terungkap bahwa wanita itu adalah anak sepersusuannya. Bisa jadi terungkap bahwa wanita itu adalah bibi (dari ayah) sepersusuannya, bisa jadi terungkap bahwa ia bibi (dari ibu) sepersusuannya maka batal lah pernikahannya. Terungkap bahwa akadnya tidak sah karena ia menikahi wanita tanpa wali atau tanpa ijab qabul sehingga nikahnya batal (yang sebelumnya ia akui sebagai suatu pernikahan), kadang pernikahan bisa batal bila seseorang menikahi seorang wanita sedangkan statusnya masih dalam masa iddah, kadang terungkap bahwa suami sebelumnya belum mentalaknya sehingga batal lah pernikahannya karena orang itu menikahinya dalam keadaan ia masih bersuami, kadang pernikahan batal karena ia menikahi wanita itu padahal masa iddahnya (iddah suami meninggal) belum habis sehingga batal lah pernikahannya. Pembatal pernikahan jumlahnya banyak dan telah dijelaskan oleh para ulama'. http://www.binbaz.org.sa/mat/12344

Pertengkaran yang berbuntut saling menyakiti pasangan rumah tangga tanpa alasan syar'i (meskipun sifatnya non fisik) adalah sesuatu yang tidak diperbolehkan.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com