SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Umrohkan Orang Tua


Ikhwan
6 years ago

Saya seorang karyawan BUMN, mempunyai uang pinjaman dari kantor. Apa hukumnya jika uang tersebut saya gunakan untuk umrohkan orangtua saya..??
dan uang pinjaman tersebut dikenakan bunga.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

Hukum asalanya tidak boleh meminjam uang dengan sistem ribawi demi mengumrohkan orang tua atau demi tujuan lainnya mengingat transaksi ribawi mengundang laknat bagi orang yang terlibat dengannya. Dalam suatu hadits disebutkan:

عن جابر، لَعَنَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا، وَمُؤْكِلَهُ، وَكَاتِبَهُ، وَشَاهِدَيْهِ» ، وَقَالَ: هُمْ سَوَاءٌ

Dari Jabir; dia berkata, 'Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, nasabah riba, juru catat, dan dua saksi transaksi riba. Rasulullah bersabda, 'Mereka semua itu sama.'' (Hr. Muslim, no. 1598).

Seharusnya Anda menolak menerima pinjaman dari kantor jika sistem yang dijalankan adalah sistem ribawi. Perlu difahami bahwa umroh tidaklah wajib bagi orang yang tidak mampu (baik itu dari sisi finansial atau yang lainnya) sehingga tidak perlu memaksakan diri memanfaatkan hutang yang ribawi untuk itu. Semoga Allah ta'ala memudahkan orang tua Anda untuk melaksanakan umroh tanpa harus menggunakan cara-cara yang menyelisihi syariat.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com