SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Rasulullah Berpuasa 9 hari di Bulan Dzulhijjah?


Ikhwan
5 years ago

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Ustadz apakah hadisnya sahih yang mengatakan rasul berpuasa 9 hari di bulan Dzulhijjah berturut-turut dari tanggal 1 smpai tanggal 9 Dzulhijjah..?
Syukron ustadz
dari try di timor leste
Redaksi salamdakwah.com
5 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada pertanyaan senada yang ditujukan kepada Ulama' Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi:
Apakah ada riwayat (yang bisa diterima.pent) yang menerangkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berpuasa 10 hari Dzulhijjah?

Mereka menjawab:
Sepengetahuan kami tidak ada riwayat (yang bisa diterima.pent) yang menerangkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berpuasa 10 hari Dzulhijjah yakni 9 hari sebelum hari Idul Adha namun Nabi shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan untuk berbuat amalan shaleh pada hari-hari tersebut.

Telah ada riwayat (yang bisa diterima.pent) dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Beliau bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ العَمَلُ الصَّالِحُ فِيها أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ

Tidak ada satu hari pun yang amalan shaleh dilaksanakan didalamnya yang lebih dicintai oleh Allah dari hari-hari ini (Yakni sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah)

قاَلوا ياَ رَسُوْلَ اللهِ وَلاَ الجِهَادُ فيِ سَبِيْلِ الله؟ قاَلَ: وَلاَ الجِهاَدُ فِي سَبِيْلِ اللهِ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، فلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, lebih utama dari jihad fi sabilillah juga?" Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda, “Lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad) dan tidak kembali membawa suatu apapun (dia meninggal dan hartanya diambil musuh)." (HR. Bukhari)
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 10/399-400. Pertanyaan ketujuh dari fatwa no.7233
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com