SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pemeriksaan HSG Oleh Dokter Laki-Laki


Ikhwan
6 years ago

Assalaamu'alaikum, istri sy ingin periksa HSG tapi dokternya pria, apakah boleh?
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

بسم الله والصلاة والسلام على رسول الله

Pemeriksaan HSG atau Histerosalpingografi merupakan pemeriksaan yang memerlukan penyingkapan dan penyentuhan kemaluan wanita karena akan ada proses memasukkan cairan ke rahim demi mengetahui apakah ada penyumbatan pada saluran telur atau tidak.

Proses ini hukum asalanya tidak boleh dilakukan oleh dokter laki-laki. Oleh karena itu seharusnya Anda mencari dokter wanita untuk melakukan proses ini. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Apa hukum syariat dalam masalah menyingkap aurat wanita muslimah di depan laki-laki muslim dengan tujuan pengobatan? Apa hukum syariat dalam masalah seorang dokter laki-laki memeriksa wanita yang bukan mahram dengan tangannya dan menyentuhnya serta cara lain (dari metode-metode pemeriksaan)

Mereka menjawab:
Yang disyariatkan bagi wanita adalah seorang wanita diobati oleh dokter wanita yang beragama muslim, apabila tidak ada maka ia diobati oleh wanita non muslim, apabila tidak ada dokter wanita maka ia diobati oleh dokter laki-laki muslim saat darurat, apabila itu tidak memungkinkan maka ia diobati oleh dokter laki-laki non muslim. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 24/419 fatwa no. 9243

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com