SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Onani Untuk Cek Kesuburan


Ikhwan
6 years ago

Assalaamu'alaikum, dalam waktu dekat ana akan test (maaf) sperma utk mengetahui kesuburan dikarenakan kami blm dikaruniai keturunan, dimana prosesnya ialah dgn melakukan onani, apakah ini diperbolehkan dlm syariat, mhn pencerahannya, jazakallahu khairan.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online, onani diartikan dengan:
ona·ni n pengeluaran mani (sperma) tanpa melakukan sanggama; masturbasi . Silahkan browsing di http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Apabila yang penanya maksudkan adalah dia akan melakukan onani dengan tangan dia atau alat maka ini hukum asalnya diharamkan, berdasarkan firman Allah ta'ala di surat Al-Mu'minun:

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (٥)إِلا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (٦)فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (٧)

5. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
7. Barangsiapa mencari yang di balik (selain itu.pen) itu Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas.

Namun apabila ia beronani dengan bantuan istrinya (dengan anggota badan yang dibolehkan), misalnya dengan tangan istri maka itu tidak apa-apa. Berikut ini keterangan dari Ulama'-Ulama' besar dari madzhab yang berbeda-beda.

1. Zakariya al-Anshari:
Dan suami boleh bersenang-senang dengan istrinya dengan semua kesenangan, bahkan ia boleh melakukan onani dengan tangan istrinya. al-Ghuror al-Bahiyyah fi Syarh al-Bahjah al-Wardiyah 4/170

2. Ibnu Hajar al-Haitsami:
Mengeluarkan mani dengan cara selain jimak, baik itu dihukumi haram seperti onani dengan tangan atau hukumnya boleh seperti onani dengan tangan istrinya.
Tuhfatul Muhtaj fi Syarh al-Minhaj wa Hawasyi asy-Syarwani wa al-'Abadi oleh 3/409

3. Abu an-Naja Musa bin Ahmad menuliskan:
Ia boleh beronani dengan tangan istrinya. Kasyyaf al-Qina' 'an Matn al-Iqna' oleh Manshur bin Yunus al-Buhuti 5/188

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com