SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sholat di masjid yang menghadap makam


Ikhwan
8 years ago

Assalamu'alaykum...
Ustadz, saya seorang pendatang baru di sebuah kampung di Jakarta. Kebetulan, rumah dimana saya tinggal bersebelahan dengan masjid, sehingga saya sering sholat fardhu & sholat jumat di masjid tersebut. Nah, kemaren saya baru saja mengetahui kalau di dalam kompleks masjid tersebut terdapat makam alim ulama/sesepuh kampung, dan kalau sholat posisinya mengahadap ke makam karena posisi makam searah dengan kiblat.
Yang ingin saya tanyakan, apa hukum sholat fardhu dan sholat jumat di masjid itu?setelah mengetahui kalau terdapat makam, bolehkah tetap sholat di situ, karena jarak untuk mencapai masjid lain sangat jauh...

Syukron
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Berikut ini terjemahan bebas dari fatwa syaikh Utsaimin:
Kalau seandainya kuburan berada di dalam masjid, dan diketahui bahwa keberadaan kuburan lebih dulu dibanding masjid maka shalat didalamnya tidak sah (Dan boleh menghancurkan masjid) Berdasarkan hadits nabi shallallahu alaihi wa sallam:
“لعنة الله على اليهود والنصارى، اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد”.أخرجه البخاري رقم 435 و مسلم رقم 529
“laknat Allah orang atas orangYahudi dan Nasrani, karena mereka menjadikan kuburan-kuburan nabi-nabi mereka sebagai tempat ibadah.”

Seandainya masjid dibangun lebih dulu kemudian kuburan dibangun setelahnya maka wajib memindahkan kuburan tersebut, adapun hukum shalat didalamnya sah, kecuali kalau kuburan di arah Kiblat maka hukumnya tidak sah, berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:
“لا تجلسوا على القبور، ولا تصلوا إليها”أخرجه مسلم رقم 972
Janganlah kalian duduk di atas kuburan dan jangan pula shalat ke arahnya.
(Majmu’ Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin juz.2 hal.248)

Shalat di masjid yang ada kuburan di dalamnya tidak boleh, kalau di suatu masjid yang ada kuburnya ada shalat jama’ah maka hendaknya orang yang tahu perihal itu mencari jama’ah lain yang bertempat di masjid yang tidak ada kuburnya. Kalau seandainya tidak menemukan jama’ah lain maka boleh shalat sendirian. (Lih. http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=46203)

Wallahu a’lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com