SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Sujud Tilawah? Bagaimana Dengan Orang Yang Mendengar Saja?Bagaimana Bila Tempatnya Sempit?


Ikhwan
6 years ago

Assalamualaikum..
ana try dari timor leste
mau bertanya...
kapan kah kita sujud tilawa saat membaca surat As-sajdah..?
dan apa hukumnya..??
lalu bagai mana kalau tempatnya tidak memungkinkan untuk melakukan sujud tilawa.
contonya. tempat yg kotor.atau sempit. atau yg lainya..??
dan bagai mana dengan orang yg cuman mendengarkan surat as-sajdah apa dia harus juga sujud tilawa..?
jazakallah
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Pertanyaan Anda kami jawab dalam beberapa point:
1. Dalam surat as-Sajdah kita melakukan sujud tilawah ketika kita selesai membaca ayat berikut:

إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لا يَسْتَكْبِرُونَ

Sesungguhnya orang yang benar benar percaya kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong. (15)

2. Hukum melakukan sujud tilawah adalah sunnah dan bukan wajib. Imam an-Nawawi menerangkan:
Bagi kami (Baca:madzhab Syafi'i) dan bagi jumhur hukumnya adalah sunnah dan bukan wajib. Syarh an-Nawawi ala Shahih Muslim 5/74

3. Apabila tempatnya sempit dan tidak mungkin melakukan sujud maka tidak apa baginya tidak melakukan sujud tilawah. terkait tempat yang kotor, apabila kotornya itu karena debu yang masih mudah dibersihkan dan tempat itu tidak najis maka selayaknya tetap melakukan sujud tilawah.

4. Orang yang mendengarkan ayat sajdah dibaca disunnahkan untuk melaksanakan sujud tilawah juga. Dalam salah satu riwayat disebutkan:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ السُّورَةَ الَّتِي فِيهَا السَّجْدَةُ فَيَسْجُدُ، وَنَسْجُدُ مَعَهُ، حَتَّى مَا يَجِدُ أَحَدُنَا مَكَانًا لِمَوْضِعِ جَبْهَتِهِ»

Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma ia berkata: Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah membaca surat yang berisi ayat sajdah, kemudian Beliau melakukan maka kami pun ikut bersujud, sampai-sampai salah seorang dari kami tidak memperoleh tempat untuk meletakkan keningnya (untuk bersujud.pent) HR. Bukhari no. 1079 dan Muslim no.575 dan diriwayatkan oleh yang lainnya.

Imam an-Nawawi menerangkan:
Dan itu sunnah bagi orang yang membaca dan mendengar. Syarh an-Nawawi ala Shahih Muslim 5/74

Perlu dibedakan antara ayat sajdah dan surat as-Sajdah. Tidak disyariatkan untuk melakukan sujud tilawah ketika membaca dan mendengar setiap ayat dari surat as-Sajdah (kecuali pada ayat sajdah di surat tersebut), sebaliknya, apabila seseorang membaca atau mendengar ayat sajdah dibaca maka ia disyariatkan untuk melakukan sujud tilawah. Ayat sajdah tersebar pada beberapa surat di al-Qur'an.

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com