SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sikap Bila Imam Qunut


Ikhwan (semarang)
6 years ago

ustad kalau tidak pake doa kunut bagaimana sikap kita mengikuti imam saat posisi soa kunut?
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

Pendapat yang kuat adalah qunut dilaksanakan saat ada bencana dan dilakukan pada semua shalat fardhu, dan mengkhususkan shalat shubuh sebagai tempat pelaksanaan qunut terus menerus adalah pendapat yang tidak kuat. Oleh karena itu bila memungkinkan seharusnya seorang laki-laki (yang wajib melaksanakan shalat jamaah di masjid) melaksanakan shalat di masjid lain yang tidak membaca qunut di shalat shubuh (kecuali bila ada bencana).

Apabila dia sudah mencari masjid lain (yang tidak melaksanakan qunut shubuh) yang berada di jangkauannya namun dia tidak menemukannya maka tidak apa ia shalat di masjid yang didalamnya dilaksanakan qunut shubuh terus menerus.

Terkait sikap yang ia tempuh kala imamnya melakukan qunut shubuh berikut ini keterangan sebagian Ulama':

1. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa menerangkan:
...Kesimpulannya adalah mengkhususkan salat Subuh untuk membaca qunut merupakan permasalahan perbedaan ijtihad. Oleh karena itu, orang yang shalat di belakang imam yang mengkhususkan qunut pada salat Subuh, baik setelah rukuk maupun sebelumnya, maka ia harus mengikutinya walaupun pendapat yang unggul menyatakan bahwa qunut dilakukan pada semua salat fardhu saat terjadi bencana saja. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 7/45 Fatwa no.902

2. Syaikh Utsaimin:
Syaikh Utsaimin berkata: Kalau seandainya imamnya melaksanakan Qunut di shalat Fajr maka makmum mengikutinya dalam Qunut tersebut dan mengaminkan do’anya seperti pendapat imam Ahmad karena ini bertujuan untuk menyatukan kaum Muslimin. Majmu’ Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin 14 /130.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com