SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bolehkan Shalat Tahajud Setelah Shalat Tarawih


Ikhwan (bandung)
7 years ago

Assalamualaikum ustadz
yang ingin saya tanyakan apakah boleh shalat tahajud setelah tarawih dan jika ada, adakah contohnya dari rosulullah?
jazakalloh khairon
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Sebagian Ulama' meenerangkan cara supaya seseorang bisa melaksanakan shalat malam setelah ia melaksanakan shalat terawih dan witir bersama imam, yaitu dengan cara menambah 1 raka'at ketika imam melaksanakan witir 1 rakaat. Jadi ketika imam salam dari witirnya makmum yang masih ingin shalat malam di rumahnya tidak ikut salam tapi dia berdiri dan menambah satu rakaat lagi. Dengan begitu dia terhitung belum melaksanakan shalat witir yang menjadi penutup shalat sunnah.

Apabila dia sudah puas melaksanakan shalat malam atau tahajjud di rumahnya dia tinggal menutupnya dengan shalat witir. Dengan begini ia tidak menyelisihi hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

" اجْعَلُوا آخِرَ صَلاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا "

“Jadikanlah akhir shalat kalian di waktu malam hari dengan shalat Witir.”

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya oleh orang yang melihat jama'ah lain yang tidak ikut mengucapkan salam ketika imam telah mengucapkan salam saat shalat witir, jama'ah tersebut malah berdiri dan menambah 1 raka'at karena ingin shalat lagi di rumahnya?

Mereka menjawab:
Bila kenyataannya sebagaimana disebutkan bahwa orang yang disamping Anda menunda witirnya supaya dia bisa melaksanakan shalat malam di rumahnya dan pada akhirnya melaksanakan witir pada akhir shalatnya yang sendirian. Apa yang ia perbuat pada shalatnya bersama imam (dengan menggenapkan shalat witir 1 rakaatnya imam menjadi dua) supaya shalat sendiriannnya yang terakhir adalah witir (ini adalah hal yang baik). Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 7/207-208. pertanyaan kedua dari fatwa no.8018

Syaikh Utsaimin menerangkan tentang dalil penambahan 1 raka'at (oleh makmum) setelah imam salam dari shalat witirnya:
Akan tetapi kadang ada orang yang berkata kepada kami:
Apa dalil Anda yang menunjukkan bahwa seseorang boleh menambah satu rakaat atas shalat witirnya imam?

Jawabannya adalah: Bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dahulu melaksanakan shalat dengan para sahabatnya pada penaklukkan kota makkah. Beliau melaksanakan shalat dua rakaat kemudian Beliau berkata kepada penduduk mekkah: Sempurnakanlah shalat kalian karena kami sedang bersafar (sehingga kami hanya shalat dua rakaat.pent). Akhirnya penduduk Makkah menambah rakaat shalat mereka melebihi shalat Nabi shallallahu alaihi wa sallam (yang dua rakaat). Ini bagi orang yang ingin menggenapkan shalat witirnya, ia menambahkan satu rakaat karena ada tujuannya. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 14/125ز

Ini adalah salah satu pendapat Ulama' terkait melaksanakan shalat sunnah sendirian setelah seseorang melaksanakan shalat tarawih bersama imam hingga selesai.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2022 - Www.SalamDakwah.Com